DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI MEMPERBAIKI TROTOAR DAN DRAINASE DI 5 RUAS JALAN

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, memperbaiki trotoar dan drainase di 5 ruas jalan di Kota Sukabumi. Antara lain Jalan Gudang, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Siliwangi, Jalan R. Syamsudin, S.H., dan Jalan Suryakencana. Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, 0Suhendar Syarief, S.T., M.Eng., saat ditemuai di kantornya menandaskan, program Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam tahun 2018 ini, diantaranya memperbaiki trotoar dan drainase khususnya di 5 ruas jalan tersebut. Karena trotoar di ke 5 ruas jalan tersebut banyak yang sudah tidak layak lagi. Demikian pula drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, kapasitasnya sudah tidak memenuhi kebutuhan lagi, sehingga pada saat musim hujan, badan jalan di ke 5 ruas jalan tersebut sering digenangi air hujan.

Untuk itu, Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi berupaya optimal memperbaiki trotoar dan drainase di ke 5 ruas jalan tersebut. Maksud dan tujuannya, supaya trotoar di ke 5 ruas jalan tersebut bisa layak lagi, serta drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, kapasitasnya bisa memenuhi kebutuhan lagi, sehingga pada saat musim hujan, badan jalan di ke 5 ruas jalan tersebut tidak digenangi air hujan lagi. Selain itu, dilaksanakannya perbaikan trotoar dan drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, sebagai salah satu upaya untuk memberi dan meningkatkan pelayanan serta kenyamanan kepada para pejalan kaki dan pengguna jalan tersebut.

Dijelaskannya, dalam perbaikan trotoar di ke 5 ruas jalan tersebut, dibangun 3 jalur, yakni di sebelah kiri dan kanan untuk masyarakat umum, dan di tengah yang berwarna kuning jalur haiden atau takel khusus untuk kaum disabilitas netra. Sedangkan panjang trotoar di sebelah kiri dan kanan Jalan Gudang kurang lebih 250 meter, Jalan R.E. Martadinta kurang lebih 450 meter, Jalan Siliwangi sebelah barat kurang lebih 300 meter, Jalan R. Syamsudin, S.H. kurang lebih 450 meter, dan Jalan Suryakencana sebelah timur kurang lebih 300 meter. Sementara perbaikan drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, menggunakan 2 pipa beton, yakni ukuran besar dan kecil. Adapun fungsi pipa ukuran besar untuk saluran air, dan pipa kecil untuk pemasangan kabel, seperti kabel listrik, telepon dan lain-lain.

Menyinggung anggaran yang digunakan untuk memperbaiki trotoar dan drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, seperti diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, totalnya mencapai Rp. 11 milyar, berasal dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018. Sedangkan pengerjaan perbaikan trotoar dan drainase di ke 5 ruas jalan tersebut, ditargetkan harus sudah selesai pada tanggal 20 Desember 2018 yang akan datang.

Leave a Reply