DLH KOTA SUKABUMI MELAKUKAN PEMANGKASAN TERHADAP RATUSAN POHON

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pada musim hujan saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi melalui DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, melakukan pemangkasan terhadap ratusan pohon yang membahayakan dan berpotensi tumbang, terutama yang ada di setiap pinggir jalan di Kota Sukabumi. Selain itu, juga setiap hari senantiasa berupaya optimal melakukan monitoring ke setiap lokasi yang rawan pohon tumbang di Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang di Kota Sukabumi, akibat hujan deras dan angin kencang. Disamping itu, juga untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan masyarakat khususnya para pengguna jalan di Kota Sukabumi, terutama pada saat terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Menyinggung jumlah pohon yang ada saat ini di Kota Sukabumi, seperti dijelaskan Kepala DLH Kota Sukabumi, yang terdata seluruhnya mencapai 2.500 pohon. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 persen merupakan pohon besar dengan jenis kayu keras. Sedangkan untuk pohon yang membahayakan dan berpotensi tumbang, sudah dipangkas atau ditebang, untuk mengantisipasi dan menghindari adanya pohon tumbang, seperti yang terjadi pada awal tahun 2018 ini. Sedangkan wilayah yang paling rawan terjadi pohon tumbang, yakni di ruas Jalan Suryakencana. Namun seluruh pohon khususnya yang membahayakan dan berpotensi tumbang di ruas jalan tersebut sudah dipangkas, baik dahan maupun pohonnya. Sementara pohon yang dikategorikan besar dan berusia cukup tua, ada di ruas Jalan Bhayangkara, dengan jenis pohon mayoritas pohon bungur, mahoni dan trembesi. Tapi jenis pohon tersebut, tergolong cukup kuat diterpa angin dan hujan.

Dikatakannya, selain melakukan pemangkasan terhadap pohon yang membahayakan dan berpotensi tumbang di Jalan Suryakencana, pihak DLH Kota Sukabumi juga melakukan pemangkasan terhadap pohon yang membahayakan dan berpotensi tumbang di pusat keramaian, seperti di ruas Jalan Ir. H. Juanda dan ruas-ruas jalan lainnya di Kota Sukabumi. Namun demikian, Kepala DLH Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, agar senantiasa waspada dan berhati-hati terutama pada saat terjadi turun hujan lebat dan angin kencang, untuk menghindari kemungkinan adanya musibah pohon tumbang. Sebab yang namanya musibah tidak bisa diprediksi serta tidak mengenal tempat dan waktu, sehingga kapan saja dan di mana saja serta dalam suasana apa pun bisa terjadi termasuk pohon tumbang.

Leave a Reply