WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI PELATIHAN DAN PEMBEKALAN KEPALA DAERAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., selama 3 hari tepatnya dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 14 November 2018, mengikuti Pelatihan dan Pembekalan Kepala Daerah Hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 dan Ketua DPRD Angkatan Pertama Tahun 2018, yang mengangkat tema, Melalui Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri, Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya. Selain dilaksanakan Pelatihan dan Pembekalan Kepala Daerah dan Ketua DPRD, juga dilaksanakan pelatihan untuk istri Bupati dan istri Walikota selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 13 dan 14 November 2018.

Pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan oleh BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) ini, dibuka secara resmi oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Tjahjo Kumolo, S.H., tepatnya tanggal 12 November 2018, di Kantor BPSDM Kemendagri, ditandai dengan Pemukulan Gong. Pelatihan dan pembekalan tersebut diikuiti oleh 121 orang peserta, yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD.

Sedangkan yang bertindak sebagai nara sumber dalam pelatihan dan pembekalan ini, terdiri dari Mendagri, Menkopolhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan), Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), serta MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Selanjutnya para Pejabat Eselon 1 Kemendagri, Dirjen Kemenkeu (Direktur Jenderal Kementerian Keuangan), BPK (Badan Pengawas Keuangan), KPK (Komisi Pemberantasan Koropsi), Jampidsus (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus) Kejasaan Agung, BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), BNN (Badan Narkotika Nasional),  dan Pakar Media Komunikasi.

Wakil Wali Kota Sukabumi, disela-sela pelatihan dan pembekalan tersebut mengatakan menyambut baik dan apresiasi yang sertinggi-tingginya, atas dilaksanakannya pelatihan dan pembekalan tersebut. Karena dapat membuka wawasan serta silaturahmi dan saling tukar pikiran, khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Dikatakan pula, pelatihan dan pembekalan ini sangat dibutuhkan, supaya tidak salah langkah dan bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, yang pada akhirnya dapat bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, dengan dilaksanakannya pelatihan dan pembekalan ini, dapat menambah ilmu dan wawasan, khususnya tentang tata kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, hasil dari pelatihan dan pembekalan ini, akan diterapkan dan dikembangkan secara optimal di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya tata kelola pemerintahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Sukabumi, dapat dilakanakan dengan baik dan optimal.

Leave a Reply