PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENDAPAT 3 PENGHARGAAN DARI PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi mendapat 3 penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari juara terbaik kedua KPPD (Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Tingkat Provinsi Jawa Barat, berdasarkan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) Tahun 2017, juara terbaik ketiga TKKSD (Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah) dalam Penilaian TKKSD Award, dan Kecamatan Baros Juara Harapan 1 Lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018.

Adapun untuk penghargaan juara terbaik kedua KPPD, diserahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., untuk juara terbaik ketiga TKKSD diserahkan kepada PLT (Pelaksana Tugas) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., dan untuk Juara Harapan 1 Lomba Sinergitas Kecamatan diserahkan kepada Camat Baros, Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, M.M., tepatnya tanggal 13 November 2018, di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. menjelaskan, LPPD Kota Sukabumi Tahun 2017 mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 Tentang LPPD, LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Kepala Daerah Kepada DPRD dan ILPPD (Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) Kepada Masyarakat, serta secara teknis berpedoman kepada Surat Edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI Tentang Pedoman Penyusunan LPPD Tahun 2017.

Selain itu juga dijelaskan, hasil penilaian Tim EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Nasional terhadap LPPD Tahun 2016, Kota Sukabumi mengalami kenaikan yang cukup signifikan, serta dapat mempertahankan capaian kategori prestasi sangat tinggi dengan skor 3,2075 pada LPPD Tahun 2015, dan capaian kategori prestasi sangat tinggi pada LPPD Tahun 2016 dengan skor 3,2228, menempati peringkat 11 Besar Nasional dari 98 Kota se Indonesia.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diraihnya kembali juara terbaik kedua KPPD ini, dapat memicu dan memotivasi seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan KPPD dan LPPD. Dengan demikian, KPPD dan LPPD Kota Sukabumi dalam setiap tahunnya dapat meningkat dengan baik, sesuai dengan harapan semua pihak.

Leave a Reply