KOTA SUKABUMI MERAIH KEMBALI PREDIKAT KOTA SEHAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi meraih kembali predikat Kota Sehat, dengan meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Selain itu juga meraih penghargaan juara pertama kategori perawat teladan, atas nama Denna Yuliavina, dan penghargaan juara ketiga Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga), atas nama RW 3 Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yakni untuk Penghargaan Swasti Saba Wistara kepada PLT (Pelaksana Tugas) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., penghargaan juara pertama kategori perawat teladan kepada Denna Yuliavina, dan penghargaan juara ketiga Pemanfaatan Toga kepada Ketua RW 3 Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, pada Peringatan Ke 54 Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Barat, tanggal 12 November 2018, di Halaman Depan Gedung Sate Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. menghimbau kepada segenap masyarakat Provinsi Jawa Barat, agar senantiasa berupaya optimal menguatkan dan meningkatkan Germas (Gerakan Masyarakat) Hidup Sehat. Karena pola preventif hidup sehat harus menjadi pola yang lebih utama, dari pola hidup sehat kuratif dan rehabilitatif.

Sementara PLT Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M. menjelaskan, Penghargaan Swasti Saba Wistara ini merupakan penghargaan kategori tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, kepada Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten dan Kota, khususnya yang memenuhi kriteria 9 tatanan, sesuai dengan potensi yang ada di daerah Provinsi serta Kabupaten dan Kota masing-masing.

Sedangkan penetapan penerima penghargaan Kota Sehat ini, dilakukan setelah diverifikasi oleh Tim Kota Sehat Provinsi serta diverifikasi kembali oleh Tim Kota Sehat Kementerian Kesehatan, yang didasarkan pada 9 indikator. Antara lain kawasan pemukiman serta sarana dan prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

Diharapkannya, dengan diraihnya kembali Penghargaan Kota Sehat atau Penghargaan Swasti Saba Wistara ini, dapat menjadi penyemangat bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, khususnya SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi, dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Leave a Reply