DISKOMINFO KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN PELATIHAN APLIKASI SUPER

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi Super (Sukabumi Participated Responder) Pemerintah Kota Sukabumi, kepada 70 peserta yang terdiri dari para Kepala Bidang seta Kepala Seksi dan Operator perwakilan dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi. Pelatihan dan sosialisasi yang berlangsung hari Kamis, 15 November 2018, di Operation Room Setda Kota Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Didin Syarifudin, M.Si., didampingi Kepala Bidang Infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) serta Persandian dan Integrasi Data Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T.

Dalam sambutannya, Sekretaris Diskominfo Kota Sukabumi menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, karena Kepala Diskominfo Kota Sukabumi tidak bisa hadir pada kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini, sebab harus mendampingi Wakil Wali Kota Sukabumi ke luar Kota Sukabumi. Selain itu, Sekretaris Diskominfo Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, yang telah mengikuti pelatihan dan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya sampai dengan selesai. Karena permasalahan di lapangan akan berbeda-beda, dan apabila ada pengaduan dari masyarakat secara umum, operator harus dapat langsung merespon dan menjawabnya, sesuai dengan kapasitas serta Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungi) OPD serta Kecamatan dan Kelurahannya masing-masing.

Sementara Kepala Bidang Infrastruktur TIK serta Persandian dan Integrasi Data Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T. menjelaskan, bahwa Aplikasi Super ini merupakan salah satu program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2013. Dijelaskan pula, Aplikasi Super ini merupakan aplikasi laporan dan pengaduan, kritikan, masukan dan partisipasi masyarakat Kota Sukabumi secara online, tentang pasilitas dan kinerja OPD serta Kecamatan dan Kelurahan di Kota Sukabumi. Lebih jauh dijelaskan, Aplikasi Super ini terintegarsi dengan Aplikasi e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu, Aplikasi Super ini berbasis Android, serta dapat diunduh di google play store, untuk pengguna umum masyarakat di Kota Sukabumi. Sedangkan fitur Aplikasi Super ini, pengguna OPD bisa membalas dan menjawab langsung laporan dan pengaduan, serta pengguna OPD dan Admin bisa meneruskan atau forward laporan dan pengaduan kepada OPD terkait, apabila salah tujuan.

Leave a Reply