KETUA TP PKK KOTA SUKABUMI SUDAH DIKUKUHKAN JADI BUNDA LITERASI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ketua TP PKK Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, Hj. Fitri Hayati Fahmi diwakili oleh Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, Eva Siti Rahmatillah, sudah dikukuhkan secara resmi jadi Bunda Literasi Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, beserta 23 Bunda Literasi Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, oleh Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023, Atalia Praratya Kamil, sekaligus sebagai rangkaian dari Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Ge­mar Membaca Nasional, tepatnya tanggal 15 November 2018, di Graha Pustaloka Dispusipda (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Ketua TP PKK Priovinsi Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023, Atalia Praratya Kamil, dikukuhkan jadi Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023, oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas (Perpustakaan Na­sional), Drs. Widi­yanto, M.Si., pada tanggal dan tempat yang sama.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas, Drs. Widi­yanto, M.Si. mengharapkan, Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat beserta 24 Bunda Literasi Kabupaten dan Kota se Jawa Barat yang sudah dikukuhkan secara resmi ini, dapat menjadi pembela dan pejuang membaca di daerahnya masing-masing. Karena tugas untuk mewujudklan dan meningkatkan gerakan budaya membaca bukan merupakan tugas pemerin­tah saja, akan tetapi merupakan tugas semua pihak, yakni pemerintah dan segenap kompo­nen masyarakat. Diharapkan pula, tugas mulia gerakan budaya membaca ini harus senantiasa digelorakan, serta segenap kompo­nen masyarakat harus terlibat, untuk membudayakan mem­baca hingga ke desa dan kelurahan.

Sementara Bunda Lite­rasi Povinsi Jawa Barat, Atalia Prara­tya Kamil-menjelaskan, ber­dasarkan studi most littered nation in the world tahun 2016, minat baca di Indonesia men­duduki peringkat 60 dari 61 negara. Untuk itu, Bunda Lite­rasi Povinsi Jawa Barat akan berkonsentrasi pada pro­gram pengembangan budaya baca dan pembudayaan per­pustakaan. Salah satunya melalui pengembangan per­pustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelitian.

Dalam pada itu, Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Sukabumi, Eva Siti Rahmatillah, atas nama Ketua TP PKK Kota Sukabumi dan Bunda Literasi Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal mengencarkan dan meningkatkan Aksi Literasi Sugema (Sukabumi Gemar Membaca) di kalangan Guru dan Pelajar, dari mulai Pelajar SD dan MI hingga Pelajar SMA, SMK dan MA, serta Kecamatan, Kelurahan, PKK dan Masyarakat Umum, untuk membudayakan mem­baca di Kota Sukabumi.

Adapun salah satu pendekatan dan upaya yang paling efektif untuk membudayakan mem­baca ini, diantaranya melalui penyadaran literasi masyarakat sejak dini, dengan melibatkan lingkungan keluarga dan dunia pendidikan di persekolahan. Karena keluarga sebagai lingkungan pertama pendidikan bagi setiap anak, termasuk dalam membudayakan dunia literasi, melalui contoh yang baik dari para anggota keluarganya.

Leave a Reply