RSUD R. SYAMSUDIN, S.H. KOTA SUKABUMI SUDAH DISURVEY KEMBALI OLEH TIM AKREDITASI INDEPENDEN KARS

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, sudah disurvey kembali untuk kedua kalinya oleh Tim Akreditasi Independen KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), untuk mendapat Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012, tepatnya tanggal 16 November 2018. Sedangkan kedatangan Tim Akreditasi Independen KARS ini, disambut dan diterima secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. Hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., mengatakan merasa optimis, bahwa RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi bisa mendapat Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012. Karena perbaikan dan pembenahan di berbagai aspek dan bidang, khususnya dalam meningkatkan standar pelayanan dan keselamatan kepada para pasien sudah dilakukan secara optimal. Selain itu, juga sejak tahun 2015 yang lalu mendapat bantuan bimbingan dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI. Dengan demikian, RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi ini bisa mendapat Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012,  serta dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat, sesuai dengan standar dan mutu pelayanan yang berkualitas.

Sementara Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dr. H. Bahrul Anwar, MKM. mengatakan, persiapan serta perbaikan dan pembenahan di berbagai aspek dan bidang sudah dilakukan hampir mencapai 100 persen, karena dilakukan sejak tahun yang lalu, sebab ada 78 elemen yang harus diperbaiki dan dibenahi. Dikatakan pula, dari 78 elemen ini sudah diperbaiki dan dibenahi, hanya ada 3 elemen yang masih kurang dilakukan secara maksimal. Untuk itu, ke 3 elemen yang masih kurang ini, akan diperbaiki dan dibenahi kembali pada tahun 2019 mendatang. Sebab membutuhkan anggaran yang cukup besar, diantaranya untuk membeli peralatan di Ruang Isolasi dan penambahan sebanyak 6 orang Tenaga Farmasi, untuk meracik dan memberi obat kepada para pasien.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Pengembangan Mutu dan Pemasaran RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dr. Irma Agristina menjelaskan, Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 ini dilakukan setiap 3 tahun sekali, dan survey yang dilakukan oleh Tim Akreditasi Independen KARS ini merupakan survey tahap kedua, karena survey tahap pertama sudah dilakukan pada tahun 2017 yang lalu. Dijelaskan pula, pada survey tahap pertama, Tim Akreditasi Independen KARS memberikan rekomendasi, agar RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi memperbaiki beberapa elemen yang masih kurang, serta sudah dilakukan perbaikan dan pembenahan secara optimal.

Leave a Reply