WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI DEKLARASI PENCEGAHAN STUNTING MENUJU JABAR ZERO STUNTING 2023

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, mengikuti deklarasi Pencegahan Stunting Menuju Jabar Zero Stunting 2023. Deklarasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 18 November 2018, di Lapangan Gasibu Kota Bandung ini, dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, permasalahan stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan ini, harus menjadi perhatian semua pihak. Karena stunting sangat berbahaya, serta memerlukan penanganan sejak dini dan pencegahan lebih awal, terutama pada anak-anak. Untuk itu, semua pihak harus mencegah gizi buruk dan stunting atau gagal tumbuh. Sebab penderita stunting mengalami kesulitan berfikir, yang diakibatkan oleh buruknya asupan gizi dan sanitasi yang buruk.

Oleh karenanya, makanan bergizi sangat penting serta menjadi salah satu kunci dalam upaya pencegahan stunting. Untuk itu, Gubernur Jawa Barat mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat terutama kepada para ibu hamil, agar senantiasa berupaya optimal melakukan asupan gizi yang baik. Diharapkannya, dengan upaya tersebut, kasus stunting bisa dihilangkan khususnya di Jawa Barat, sehingga Jabar Zero Stunting 2023 dapat diwujudkan dengan baik dan lancar.

Sementara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal mendukung dan melaksanakan deklarasi tersebut, supaya Jabar Zero Stunting 2023 dapat terwujud, khususnya di Kota Sukabumi. Adapun upaya pencegahan terbaik agar seorang anak tidak mengalami stunting, yakni dengan memenuhi asupan gizi sejak masih janin.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada segenap lapisan masyarakat khususnya kepada para ibu hamil, agar senantiasa berupaya optimal mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan tersebut tidak harus yang mahal, tapi yang memenuhi syarat makanan gizi seimbang, diantaranya harus ada sayur dan buah-buahan yang segar. Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar program pencegahan stunting ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga kasus stunting di Jawa Barat khususnya di Kota Sukabumi bisa secepatnya diatasi dan ditangani sejak dini.

Leave a Reply