BPKD KOTA SUKABUMI SOSIALISASIKAN ATISISBADA

Reporter / Redaktur : Ratna Nurseha

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan teknis Aplikasi Teknologi Informasi Sistem Informasi Barang Milik Daerah (Atisisbada) bagi para pengelola barang pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Rabu, 21 November 2018, bertempat di Hotel Anugerah, Jalan Suryakencana Kota Sukabumi. Sosialisasi dan bimtek ini dibuka oleh Kepala BPKD Kota Sukabumi, Drs. Dida Sembada, MM., serta dihadiri oleh seluruh pengurus barang pengguna dan pengurus barang pembantu dari setiap SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi.

Dalam sambutannya, Kepala BPKD Kota Sukabumi, Drs. Dida Sembada, MM., menjelaskan, pengelolaan  barang  milik  daerah  merupakan  bagian  dari  pengelolaan keuangan  daerah. Selain  itu,  barang  milik  daerah merupakan  salah  satu  unsur penting  dalam  rangka  penyelenggaran pemerintahan  dan  pelayanan  kepada masyarakat. Oleh  karena  itu, tentu saja  pengelolaan  barang  milik  daerah  yang baik akan mencerminkan  pengelolaan  keuangan  daerah yang baik pula.

Ditambahkannya, pada era globalisasi saat ini, berbagai pelaporan di instansi pemerintah telah menggunakan sistem aplikasi sehingga memudahkan penyampaian pelaporan tersebut dari mulai tingkat kota dan Kabupaten, propinsi hingga ke pusat. Penggunaan aplikasi dalam pelaporan keuangan daerah, termasuk di dalamnya pelaporan tentang aset milik daerah, akan membuat pelaporan menjadi lebih efektif dan efisien karena data yang disampaikan lebih cepat dan akurat. Oleh karena itu, BPKD Kota Sukabumi menggunakan beberapa sistem aplikasi dalam pelaporan keuangan dan aset daerah yang terintegrasi untuk mempercepat pelayanan dan menghasilkan data yang akuntabel.

Sementara itu, Kepala Bidang Aset BPKD Kota Sukabumi, Agus Mulyadi, S.IP., mengatakan, sosialisasi dan bimtek ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sensus dan inventarisasi barang milik daerah yang telah dilakukan oleh masing-masing SKPD beberapa waktu lalu. Dengan hadirnya aplikasi Atisisbada ini,  para pengurus barang di setiap SKPD diharapkan dapat lebih mudah dalam mengelola data barang milik daerah di SKPD masing-masing serta dapat menghasilkan data barang milik daerah yang lebih akurat.

Leave a Reply