BAZNAS KOTA SUKABUMI SUDAH MENYALURKAN BANTUAN MODAL USAHA KEPADA 66 MASYARAKAT MISKIN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, sudah menyalurkan Bantuan Modal Usaha kepada 66 orang masyarakat miskin se Kota Sukabumi, yang dibagi dalam 6 kelompok, salah satunya kelompok disabilitas, atau setiap kelompoknya beranggotakan 11 orang, berasal dari Kelurahan Gunungpuyuh dan Karang Tengah Kecamatan Gunungpuyuh, Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu, dan Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang.  Penyaluran bantuan tersebut, merupakan salah satu komitmen Baznas Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya mendorong pemberdayaan masyarakat miskin di Kota Sukabumi, termasuk penyandang disabilitas.

Ketua Umum Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut merupakan salah satu program Baznas Kota Sukabumi, dalam upaya meningkatkan kesejahterakan masyarakat Kota Sukabumi, khususnya masyarakat miskin dan penyandang disabilitas. Dijelaskan pula, selain diberi bantuan modal usaha, juga dilatih kewirausahaan, serta pendampingan dan dilatih infaq.

Lebih jauh dijelaskan, Baznas Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal menyalurkan bantuan modal usaha kepada masyarakat miskin dan penyandang disabilitas. Karena di Kota Sukabumi masih banyak masyarakat yang masuk dalam kategori miskin. Berkaitan dengan hal tersebut, Baznas Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal membantu mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi, salah satunya melalui penyaluran bantuan modal usaha kepada masyarakat miskin dan penyandang disabilitas.

Diharapkannya, melalui penyerahan bantuan modal usaha ini, dapat membantu meringankan beban sekaligus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat miskin dan penyandang disabilitas di Kota Sukabumi secara perlahan dan bertahap. Diharapkan pula, melalui penyerahan bantuan modal usaha ini, usaha masyarakat miskin dan penyandang disabilitas di Kota Sukabumi bisa maju dan berkembang, sehingga Baznas Kota Sukabumi bisa menambah muzakki baru. Selain itu, Baznas Kota Sukabumi juga bisa membantu Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi.

Adapun besaran bantuan modal usaha tersebut, masing-masing sebesar Rp. 500.000,00. Dikatakannya, bantuan modal usaha ini jumlahnya sangat terbatas. Namun demikian, Ketua Umum Baznas Kota Sukabumi mengharapkan, dengan disalurkannya bantuan tersebut, dapat menambah modal usaha masyarakat miskin dan penyandang disabilitas di Kota Sukabumi, serta dapat terhindar dari pinjaman modal usaha rentenir atau bank keliling harian.

Leave a Reply