WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MERASA KAGUM ATAS KEBERADAAN PASAR DIGITAL CIKUNDUL KOTA SUKABUMI

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., mengatakan merasa kagum atas keberadaan Pasar Digital Cikundul Kota Sukabumi,  tepatnya yang berlokasi di Kawasan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Karena keberadaan Pasar Digital Cikundul Kota Sukabumi ini sangat unik, sehingga menjadi daya pikat dan daya tarik bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi, untuk senantiasa mengunjungi Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul.

Dikatakan pula, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul ini, merupakan salah satu potensi bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, khususnya dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, serta PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi. Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul ini dalam berbagai bidang, termasuk membangkitkan dan menumbuhkan serta meningkatkan dan mengembangkan seni dan budaya kearifan lokal yang ada di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul ini semakin banyak lagi.

Selain itu, Wakil Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan, keberadaan Pasar Digital Cikundul ini, dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi daerah-daerah lainnya di Kota Sukabumi, khususnya dalam menciptakan dan membangun destinasi pariwisata lainnya di Kota Sukabumi, dengan nuansa yang berbeda-beda serta lebih kreatif dan inovatif. Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa mendukung dan mendorong peningkatan dan pengembangan Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul ini, supaya lebih baik dan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Pasar Digital dan Obyek Wisata ini. Adapun salah satu upaya untuk mendukung dan mendorong peningkatan dan pengembangan Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul ini, Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang meminta bantuan Mobil Bandros ke Pemerintah Kota Bandung, untuk alat transportasi para wisatawan yang akan berkunjung ke Pasar Digital Cikundul dan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikundul, khususnya yang tidak membawa kendaraan sendiri.

Dalam pada itu, Ketua Genpi (Generasi Pariwisata Indonesia) Kota Sukabumi, Agus Rustiawandi, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang sudah mendukung dan memberikan perhatian terhadap pergerakan kaum milineal di Kota Sukabumi. Diharapkannya, sinergitas ini bisa terus berjalan dengan baik, sehingga para pemuda dapat meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas dan inovasi, serta bisa terus memberikan warna dan nuansa, khususnya dalam membangun kepariwisataan di Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, sistem transaksi jual beli di Pasar Digital Cikundul ini, menggunakan sistem barter dan menggunakan koin yang terbuat dari kayu. Hal tersebut dilakukan, agar para wisatawan dapat merasakan kembali suasana berbelanja jaman dulu. Disamping itu, para wisatawan juga bisa menikmati bebagai makanan khas Sunda, serta bisa membeli berbagai kerajinan dan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kota Sukabumi.

Leave a Reply