DKP3 KOTA SUKABUMI KEMBALI NENEBAR BENIH IKAN KE SEJUMLAH SUNGAI DAN SELOKAN

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Bidang Perikanan dan BBI (Balai Benih Ikan) DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, kembali nenebar sebanyak 200 ribu ekor benih ikan berbagai jenis ikan, ke sejumlah sungai dan selokan di 7 kelurahan yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Sukabumi. Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Budi Buntaran, M.Si. menjelaskan,  penebaran benih ikan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Maksud dan tujuannya, sebagai salah upaya untuk menjaga ekosistem serta lingkungan sungai dan selokan di Kota Sukabumi.

Sedangkan jenis benih ikan yang ditebar ke sejumlah aliran sungai dan selokan di Kota Sukabumi ini, terdiri dari jenis benih ikan Tawes, Lalawak, Nilem dan Nila, hasil produksi BBI DKP3 Kota Sukabumi, tepatnya yang berlokasi di wilayah Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Dikatakannya, benih ikan yang ditebar ke sejumlah sungai dan selokan di Kota Sukabumi ini, merupakan benih ikan unggulan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi. Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi mengharapkan, dengan ditebarnya benih ikan tersebut, dapat membawa manfaat bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya menjaga ekosistem serta lingkungan sungai dan selokan di Kota Sukabumi.

Menyinggung total benih ikan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi pada tahun 2018 ini, seperti diungkapkan Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi mencapai 1,5 juta ekor benih ikan berbagai jenis ikan, serta dalam setiap tahunnya senantiasa melebihi target yang ditetapkan. Selain itu, Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi dan BBI DKP3 Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal menebar benih ikan ke sejumlah sungai dan selokan di Kota Sukabumi.

Sedangkan berbagai jenis benih ikan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi ini, dipasarkan ke bebagai daerah, diantaranya ke daerah Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bogor serta daerah lainnya, tergantung pemesanan dan permintaan. Berkaitan dengan hal tersebut, Bidang Perikanan dan BBI DKP3 Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal meningkatkan produksi benih ikan berbagai jenis ikan, untuk memenuhi kebutuhan para petani ikan, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi. Adapun upaya yang dilakukan untuk mencapai target produksi benih ikan ini, diantaranya dengan melakukan perbaikan dan pembangunan kolam ikan baru, serta meningkatkan berbagai fasilitas, prasarana dan sarana penunjang lainnya.

Leave a Reply