SEGENAP MASYARAKAT AGAR MENGONSUMSI BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN LOKAL

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, meminta kepada segenap lapisan masyarakat, agar mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran lokal Indonesia. Permintaan Wali Kota Sukabumi tersebut, menindaklanjuti Surat Edaran DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi Nomor 526/1151/DKP3/2018 tentang Konsumsi Buah Lokal Indonesia. Adapun alasan dikeluarkannya surat edaran tersebut, karena banyaknya isu beberapa jenis buah-buahan impor, salah satunya jenis buah Anggur dari RRC, yang dijual di pinggir jalan dan supermarket. Sebab jenis buah Anggur tersebut diduga mengandung formalin, yang sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi selaku Kepala Daerah Kota Sukabumi, sudah membuat surat edaran, agar segenap lapisan masyarakat mengonsumi buah-buahan dan sayuran lokal, untuk lebih menjamin keamanan dan kesehatan buah dan sayuran yang dikonsumsi masyarakat. Ditandaskannya, berdasarkan hasil penelitian, buah-buahan dan sayuran lokal dinilai lebih aman dan sehat, dari buah-buahan dan sayuran dari luar negeri, sebab keamanan dan kesehatannya tidak terjamin dan kurang baik. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada para pedagang dan seluruh supermarket di Kota sukabumi, agar lebih memprioritaskan atau mengutamakan membeli dan menjual buah-buahan dan sayuran lokal, karena keamanan dan kesehatannya lebih terjamin, dari pada buah-buahan dan sayuran dari luar negeri.

Ditandaskan pula, apabila segenap lapisan masyarakat lebih memprioritaskan atau mengutamakan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lokal, dapat menguatkan dan meningkatkan ekonomi para petani lokal. Disamping itu, Pemerintah Kota Sukabumi dapat membuat akses bagi para petani lokal termasuk para petani hidroponik, untuk menyuplai ke supermarket yang ada di Kota Sukabumi. Namun seperti diungkapkan Wali Kota Sukabumi, para petani lokal khususnya para petani hidroponik, masih menghadapi beberapa kendala, sehingga para petani tersebut belum bisa secara konsinten setiap hari menyuplai hasil produksi pertaniannya ke supermarket. Sedangkan pemerintah dan masyarakat termasuk supermarket yang ada di Kota Sukabumi mengharapkan, agar para petani tersebut bisa secara konsisten memproduksi dan menyuplai buah-buahan dan sayuran hidroponik ke supermarket.

Menyinggung pembatasan buah-buahan dan sayuran impor dari luar negeri ke Kota Sukabumi, menurut Wali Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi tidak memiliki kewenangan. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi hanya bisa memberi saran dan meminta kepada segenap lapisan masyarakat, agar lebih memprioritaskan atau mengutamakan membeli dan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lokal, karena keamanan dan kesehatannya lebih terjamin.

why are vegetables good for you
why is fruit good for you
which fruit is good for health
are fruits good for you
what is the most healthiest fruit
does fruit have fiber

Leave a Reply