BAZNAS KOTA SUKABUMI MENGGULIRKAN BANTUAN PEMBANGUNAN RUTISAE

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, menggulirkan bantuan pembangunan Rutisae (Rumah Tinggal Sanitasi Sehat). Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi saat melaunching dan meletakkan batu pertama program bantuan pembangunan Rutisae tersebut, tepatnya tanggal 30 November 2018, di Madrasah Al Mahmudah, Jalan Tata Nugraha, RT 01 RW 06 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi menjelaskan, bantuan pembangunan Rutisae ini, berasal dari Baznas Provinsi Jawa Barat. Adapun bantuan pembangunan Rutisae ini, untuk tahap pertama di Kota Sukabumi sebanyak 15 unit rumah, masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp. 10 juta. Diharapkannya, ke depan jumlah penerima bantuan pembangunan Rutisae ini, khususnya di Kota Sukabumi bisa bertambah dan lebih banyak lagi. Hal tersebut dapat terwujud, apabila kesadaran dan kepedulian masyarakat khususnya umat Islam meningkat, terutama dalam membayar ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) melalui Baznas.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga sangat mendukung dan menyambut baik atas adanya program ZCD (Zakat Community Development) yang digulirkan oleh Baznas Pusat. Karena besaran bantuan yang disalurkan melalui program tersebut mencapai Rp. 700 juta, yang diberikan secara bertahap. Dijelaskannya, program tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat, untuk mengentaskan kemisikinan dan memandirikan masyarakat. Dijelaskan pula, program tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota Sukabumi serta visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Sementara Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. mengungkapkan, bantuan pembangunan Rutisae ini merupakan program Baznas Provinsi Jawa Barat, yang dikembangkan di Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, salah satunya di Kota Sukabumi. Adapun pembangunan Rutisae ini, langsung ditangani oleh Baznas Provinsi Jawa Barat. Sedangkan bantuan pembangunan Rutisae yang digulirkan di Kota Sukabumi, untuk  tahap awal sebanyak 15 unit rumah, yang akan dibedah menjadi Rutisae. Diungkapkan pula, ke 15 unit rumah tersebut, tidak hanya rumah milik masyarakat yang tidak mampu saja, tapi juga rumah milik masyarakat umum lainnya yang membutuhkan bantuan, seperti tokoh agama dan yang lainnya. Diharapkannya, pembangunan Rutisae ini dapat mendorong berbagai elemen masyarakat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Ketua Baznas Kota Sukabumi juga mengungkapkan, selain mendapat bantuan pembangunn Rutisae dari Baznas Provinsi Jawa Barat, Baznas Kota Sukabumi juga mendapatkan bantuan ZCD dari Baznas Pusat, yang dilaksanakan di Kelurahan Jayamekar. Bantuan ZCD tersebut, diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Ketua Baznas Kota Sukabumi menjelaskan, masyarakat di kelurahan tersebut akan terus didorong, supaya dapat meningkatkan dan pengembangan usaha kuliner serta kegiatan lainnya yang produktif, untuk menumbuhkan sekaligus meningkatkan dan mengembangkan perekonomiannya, serta ke depannya diharapkan dapat memberikan infaq harian dan mingguan, supaya usaha masyarakat di kelurahan tersebut bisa lebih berkah, karena hasil infaq tersebut akan dikembalikan lagi kepada masyarakat lainnya, untuk menambah modal mengembangkan usahanya.

Leave a Reply