WALI KOTA SUKABUMI MENYERAHKAN SERTIFIKAT KEPADA KETUA RW 04 KELURAHAN JAYAMEKAR

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., menyerahkan Sertifikat Kategori Proklim (Program Kampung Iklim) Utama, kepada Ketua RW 04 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Sertifikat tersebut diserahkan pada saat melaunching dan meletakkan batu pertama program bantuan pembangunan Rutisae (Rumah Tinggal Sanitasi Sehat), bertempat di Madrasah Al Mahmudah, Jalan Tata Nugraha, RT 01 RW 06 Kelurahan Jayamekar.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui KLHK tersebut, diberikan sebagai salah satu apresiasi terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, yang telah dilaksanakan di tingkat lokal, sesuai dengan kondisi wilayahnya secara berkesinambungan. Adapun yang dimaksud dengan kampung iklim, yakni lokasi yang ada di wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau Dusun, dan paling tinggi setingkat Kelurahan atau Desa, yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan, sesuai dengan Permen LHK (Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menjelaskan, Sertifikat Kategori Proklim Utama yang diberikan kepada RW 04 Kelurahan Jayamekar ini, merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Proklim Tingkat Nasional, dari Ditjen (Direktorat Jenderal) Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, yang didampingi oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Provinsi Jawa Barat dan DLH Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, Proklim merupakan program berlingkup nasional, yang dikembangkan oleh KLHK. Adapun maksud dan tujuannya, diantaranya untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak, dalam upaya melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Lebih jauh dijelaskan, RW 04 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, dinyatakan sebagai kampung iklim, karena memenuhi kriteria sebagai kampung iklim. Sebab masyarakat di RW 04 Kelurahan Jayamekar ini, bisa menyikapi musim kemarau dan musim hujan dengan bijaksana. Selain itu, juga tidak membuang sampah sembarangan dan menggunakan limbah sebagai pupuk organik, serta senantiasa memanfaatkan halaman rumahnya dengan ditanami berbagai jenis sayuran, untuk menanbah ekonomi keluarganya.

Leave a Reply