RSUD R. SYAMSUDIN, S.H. SUDAH DIAUDIT EKSTERNAL SISTEM MANAJEMEN MUTU TAHUN 2018

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, sudah diaudit eksternal sistem manajemen mutu tahun 2018, oleh Tim Auditor dari Badan Sertifikasi Quality Proforma, yang diketuai oleh Ir. Priyono, Dipl,Eng. Adapun kedatangan Tim Auditor tersebut, disambut dan diterima secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., tepatnya tanggal 3 Desember 2018, di Ruangan Diagnostik RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Sedangkan yang hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan, memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, rumah sakit dituntut untuk selalu melakukan perubahan, agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat, serta sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Terlebih bagi RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, sebagai salah satu rumah sakit rujukan regional wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan sebagian Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar pengembangan dan pengelolaan RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi terus dilakukan, dalam upaya menjawab setiap tantangan dan selalu survive di era kompetisi pelayanan kesehatan saat ini. Dijelaskannya, sebagai salah satu upaya menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, sesuai dengan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) Nomor 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit, setiap rumah sakit wajib melakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali.

Dijelaskan pula, untuk RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dalam tahun 2019 akan diakreditasi menggunakan standar terbaru, yakni SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) Edisi I. Lebih lanjut dijelaskan, kendati sudah terakreditasi paripurna, namun dalam rangka menjaga kesinambungan mutu pelayanan, RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi masih memandang perlu dilaksanakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO dan OHSAS, dalam rangka upaya mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, menuju masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera, khususnya di Kota Sukabumi.

Leave a Reply