WALI KOTA SUKABUMI MENINJAU LOKASI BENCANA LONGSOR DI KELURAHAN SUBANGJAYA

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi Lurah Subangjaya, Fery Munggaran, S.STP., M.AP. dan Aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, meninjau lokasi bencana longsor yang terjadi di wilayah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, baru-baru ini. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa waspada dan berhati-hati pada musim hujan saat ini. Karena pada setiap musim hujan, hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Sukabumi, terutama yang dibarengi angin kencang sering terjadi bencana alam, yakni bencana banjir, tanah longsor, rumah ambruk dan pohon tumbang. Untuk itu, segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, terutama yang berdomisili di bantaran sungai atau daerah aliran sungai serta di lereng-lereng bukit agar senantiasa siap siaga, supaya apabila terjadi bencana dapat segera mengambil tindakan yang tepat, untuk menyelamatkan diri dan keluarganya serta masyarakat lainnya.

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga menghimbau sekaligus menginstruksikan kepada seluruh aparat wilayah dari mulai Camat dan Lurah sampai Ketua RW dan RT, agar senantiasa berupaya optimal mengintensifkan sistem informasi dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana, kepada segenap lapisan masyarakat di wilayahnya masing-masing. Kemudian kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal berperan secara aktif dalam memberikan informasi dan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya bencana, melalui penggunaan media informasi secara cerdas dan bermanfaat untuk semua pihak, baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat.

Dikatakannya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi sangat terbuka dan bisa dihubungi oleh aparat dan masyarakat melalui telepon, SMS, WhatsApp, Facebook dan Twitter. Sebab semakin cepat informasi yang disampaikan, semakin cepat pula berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat dapat diselesaikan, Selanjutnya Wali Kota Sukabumi juga meminta sekaligus menginstuksikan kepada seluruh aparat wilayah kecamatan dan kelurahan serta kepada segenap aparat OPD termasuk instansi dan lembaga terkait lainnya di Kota Sukabumi, agar mengaktifkan seluruh sarana komunikasi. Maksud dan tujuannya, untuk mempermudah dan memperlancar komunikasi apabila terjadi bencana di wilayah Kota Sukabumi, supaya dapat segera ditangani dan diatasi secara bersama-sama dan terpadu, oleh aparat pemerintah dan masyarakat secara cepat dan tepat. Karena setiap terjadi bencana di Kota Sukabumi, harus segera ditangani secara terpadu dan terkoordinir.

Leave a Reply