PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MERAIH PENGHARGAAN TOP 25 SP4N E-LAPOR

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Editor      : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi berhasil meraih prestasi sebagai salah satu penerima Penghargaan Top 25 SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) e-Lapor, yang diserahkan oleh Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Diah Natalisa, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, tepatnya tanggal 10 Desember 2018, di Batam Kepulauan Riau, dalam acara Penganugerahan Kompetisi SP4N e-Lapor Tahun 2018.

Sedangkan para pejabat yang turut serta mendampingi Wali Kota Sukabumi dalam penerimaan penghargaan tersebut, antara lain Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Sukarman, M.Pd., Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., serta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani, S.IP., M.Si.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo Kota Sukabumi menerapkan SP4N e-Lapor sejak tahun 2017, serta dalam Kompetisi SP4N e-Lapor ini bersaing dengan 303 Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten se Indonesia. Adapun indikator penilaian yang diterapkan dalam Kompetisi SP4N e-Lapor ini, diantaranya kecepatan dalam merespon terhadap setiap aspirasi dan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat melalui SP4N e-Lapor, baik melalui SMS 1708 atau melalui www.lapor.go.id Pemerintah Kota Sukabumi, yang sebelumnya telah diakui sebagai salah satu Best Practice e-Lapor dalam menjalin koordinasi dengan setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, KemenPAN-RB RI menyatakan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap bebagai pihak yang menerapkan SP4N e-Lapor, yang hingga bulan Mei 2018 digunakan oleh 811 instansi, yang terdiri dari Kementerian, BUMN, Perguruan Tinggi, Lembaga Negara dan Perwakilan RI di luar negeri. Disamping itu juga dijelaskan, pada acara penganugerahan penghargaan ini, diluncurkan pembelajaran penggunaan SP4N Lapor secara elektronik, oleh KemenPAN-RB RI.

Dengan diraihnya Penghargaan Top 25 SP4N e-Lapor ini, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat, yang telah menjadikan e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi sebagai tempat penyaluran aspirasi dan pengaduan dalam berbaqai bidang. Selain itu, juga kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang telah merespon secara cepat dan tepat terhadap setiap aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Leave a Reply