KECAMATAN CIKOLE MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI UMKM TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, menyelenggarakan sosialisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Tahun 2018, bagi seluruh pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Cikole. Kegiatan yang berlangsung hari Rabu, 12 Desember 2018, di Ruangan Pertemuan Yogya Departemen Store Kota Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Camat Cikole, H. Ayi Jami’at, S.STP., M.Si. Sedangkan yang hadir pada kesempatan tersebut, para Lurah se Kecamatan Cikole, perwakilan dari Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Bank Pasar Kota Sukabumi, Pemasaran Yogya Departemen Store Kota Sukabumi, para pelaku UMKM se Kecamatan Cikole, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Camat Cikole mengatakan, program perekonomiaan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Sukabumi, terus digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi mempunyai program unggulan yang di beri nama Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), sebagai pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi, serta untuk meningkatkan dan mengembangkan para pelaku UMKM, dengan membuat gerai di kelurahannya masing-masing. Sedangkan untuk permodalannya, nantinya akan dibantu oleh Bank Pasar Kota Sukabumi. Dikatakan pula, jumlah UMKM di Indonesia yang terdaftar di instansi pemerintah seluruhnya mencapai 55 juta UMKM. Dari jumlah UMKM tersebut, berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 110 juta orang, atau setiap UMKM masing-masing 2 orang. Lebih jauh dikatakan, UMKM dapat mengetaskan kemiskinan, serta memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat, sebab UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat.

Sementara Ketua Panitia Pelaksanana, Yani Mulyani. S.IP., M.M. menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi ini seluruhnya mencapai 100 orang pelaku UMKM se Kecamatan Cikole. Sedangkan maksud dan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini, diantaranya untuk mendukung program nasional, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, supaya dapat mencapai Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply