PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SENANTIASA MEMPERHATIKAN KAUM DIFABEL DAN PMKS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi berkomitmen untuk senantiasa memperhatikan kaum difabel dan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kota Sukabumi. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat memberi sambutan pada Peringatan HDI (Hari Disabilitas Internasional) dan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, yang diselengarakan hari Kamis, 13 Desember 2018, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, unsur Pimpinan DPRD Kota Sukabumi, Dan Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Adapun bentuk komitmen Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi dalam memperhatikan kaum difabel dan PMKS di Kota Sukabumi, ditandai dengan penerbitan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang Penanggulangan Kemiskinan serta Perda Kota Sukabumi tentang Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Kaum Disabilitas, yang saat ini sedang dibahas oleh DPRD Kota Sukabumi dan Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, berbagai program khususnya yang berkaitan dengan kaum difabel dan PMKS di Kota Sukabumi, agar terus dilaksanakan dengan baik dan optimal, diiringi pelayanan terbaik kepada kaum difabel dan PMKS, supaya bisa terfasilisatasi dengan baik. Sedangkan upaya untuk meringankan beban dan meningkatkan kesejahteraan kaum difabel dan PMKS, Pemerintah Kota Sukabumi menggulirkan program pemberian Rastra (Beras Sejahtera) Daerah, bagi kaum difabel dan masyarakat miskin yang tidak atau belum mendapatkan fasilitas BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), dan untuk tahun 2018 ini, Pemerintah Kota Sukabumi memberikan sebanyak 200 karung Rastra.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi melantik sebanyak 8 orang PSBS (Pekerja Sosial Berbasis Sekolah), serta secara simbolis menyerahkan bantuan Rastra Daerah, termasuk pakaian dan alat bantu kepada kaum difabel.

Sementara PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M. selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, Peringatan HDI dan HKSN Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi diisi berbagai kegiatan, yakni selain dilaksanakan pemberian berbagai bantuan kepada kaum difabel dan PMKS, juga akan dilaksanakan launching Kota Sukabumi Ramah Disabilitas dan Kota Sukabumi Santun Lansia (Lanjut Usia).

Leave a Reply