SAKIP MERUPAKAN INTEGRASI DARI SISTEM PERENCANAAN, PENGANGGARAN DAN PELAPORAN KINERJA

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) dan Evaluasi SAKIP Kota Sukabumi Tahun 2018, di Hotel Horison Kota Sukabumi, tepatnya hari Kamis, 13 Desember 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., perwakilan dari KemenPAN-RB RI, Didid, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), dan para tamu undangan lainnya.

Selain itu juga ditandaskan, dalam rangka komitmen meningkatkan kinerja di Pemerinhan Kota Sukabumi, diterapkan sistem kolaborasi bukan kompetensi antara satu SKPD dengan SKPD lainnya, tapi memaksimalkan penggunaan e-Performance dari setiap SKPD masing-masing. Ditandaskan pula, SAKIP menunjukkan tata kelola setiap instansi pemerintah berjalan, khususnya dalam mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran, budget saving dan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat, serta bermuara pada perbaikan kualitas pelayanan publik. Karena SAKIP bukan kontestasi, yang sekedar memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi menandaskan, komitmen kuat dari pimpinan SKPD untuk menciptakan good governance dan clean government di lingkungan SKPD-nya masing-masing, merupakan faktor yang sangat penting dalam mewujudkan SAKIP yang baik dan benar. Untuk itu, setiap pimpinan SKPD harus mengubah pola pikir, supaya program dan kegiatan setiap SKPD dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam rangka upaya mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Lebih jauh ditandaskan, hasil evaluasi SAKIP Tahun 2016,  Pemerintah Kota Sukabumi kembali mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat dengan predikat nilai BB. Hasil evaluasi tersebut, diserahkan oleh MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, kepada Wakil Wali Kota Sukabumi beserta para Bupati dan Wali Kota lainnya se Regional 1 Indonesia, yang terdiri dari seluruh Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat, bertempat di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung.

Leave a Reply