PELAYANAN HOME CARE UNTUK MEWUJUDKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT YANG SETINGGI-TINGGINYA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Pelayanan Home Care atau Pelayanan Kesehatan dan Ambulance Gratis Sigap (Siap dan Ikhlas Antar Jemput Pasien) serta Klinik Sore di Kota Sukabumi, untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Selain itu juga dilaksanakan upaya kesehatan dalam bentuk UKP (Upaya Kesehatan Perseorangan) dan UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat), dengan upaya pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang dilaksankan secara terpadu serta menyeluruh dan berkesinambungan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Home Care dan Ambulance Gratis Sigap serta Klinik Sore di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 12 Desember 2018, di Ballroom Hotel Anugrah Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), perwakilan dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, BPJS, Organisasi Profesi, dan para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi memiliki peran dan tanggungjawab yang besar dalam mengintegrasikan dan mengkolaborasikan berbagai sektor terkait, untuk bersama-sama menangani sekaligus meningkatkan kesehatan masyarakat, karena dapat berdampak pada kinerja Kepala Daerah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, melakukan sosialisasi 3 program kesehatan, yang terdiri dari Home Care dan Ambulance Gratis Sigap serta Klinik Sore. Dijelaskan pula, ke 3 program kesehatan tersebut, sudah dilaunching pada acara puncak HKN (Hari Kesahatan Nasional) Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 25 November 2018.

Wali Kota Sukabumi menngatakan, dilaksankannya ke 3 program kesehatan tersebut, untuk menjawab tantangan dan masalah kesehatan di Kota Sukabumi, dengan memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara terintegras dan berjengjang. Disamping itu juga dikatakan, Home Care sebagai pelayanan awal kesehatan, untuk berbagai kasus kesehatan kronik. Selain itu, juga untuk memberi pelayan kesehatan dasar non kuratif ke rumah pasien yang memiliki keterbatasan fisik dan materi atau psikologis.

Dikatakan pula, Home Care ini baru dilayani oleh 15 orang perawat profesional di 15 kelurahan se Kota Sukabumi, menangani masalah kesehatan aktual berdasarkan analisis yang sudah ditentukan. Sedangkan pelayanan Ambulance Gratis Sigap, untuk melayani berbagai kasus emergency yang bersipat gawat darurat, dan Klinik Sore untuk memfasilitasi pelayanan dasar kesehatan pada waktu sore. Adapun Klinik Sore yang sudah berjalan di Kota Sukabumi, baru di 3 Pukesmas, yang terdiri dari Puskemas Selabatu, Puskesmas Sukabumi dan Puskesmas Baros.

Leave a Reply