KERJA SAMA TENTANG PENYELENGGARAAN URUSAN PERPUSTAKAAN

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, tentang Penyelenggaraan Urusan Perpustakaan, pada acara Launching Program Kolecer (Kotak Literasi Warga Cerdas) dan Candil (Maca Dina Library), tepatnya tanggal 15 Desember 2018, di Taman Sempur Kota Bogor. Sedangkan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Sukabumi, ditandatangani oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, Kepala Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., serta Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Kolecer merupakan street library, yakni sebuah inovasi perpustakaan mini, yang terinspirasi dari kotak telepon di negara Inggris yang bisa memuat 80 buku. Adapun maksud dan tujuan dari Kolecer ini, yakni sebagai salah satu wadah bagi masyarakat Jawa Barat, yang sulit mengakses ke Perpustakaan Umum. Sedangkan Candil merupakan aplikasi e-library berbasis android milik Pemerintah Jawa Barat, yang berisi buku dalam bentuk elektronik dari para pengarang, diantaranya Ridwan Kamil, Andy F. Noya dan pengarang lainnya yang berasal dari Jawa Barat dan nasional. Dikatakan pula, diselenggarakannya MoU antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, tentang Penyelenggaraan Urusan Perpustakaan ini, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan gemar serta budaya baca masyarakat Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Jawa Barat serta membangun sekaligus mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin.

Sementara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, dilaksanakannya MoU antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, tentang Penyelenggaraan Urusan Perpustakaan ini, merupakan semangat bersama untuk meningkatkan budaya literasi dan budaya membaca, untuk meningkatkan kecerdasan dan kualitas SDM Jawa Barat. Selain itu juga dijelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal mendukung dan melaksanakan Program Kolecer dan Candil Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas SDM Kota Sukabumi, supaya menjadi bangsa yang pintar dan cerdas, melalui membaca dan literasi.

Leave a Reply