WALI KOTA SUKABUMI MELAUNCHING APLIKASI SUPER PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, hari Senin, 17 Desember 2018, di Hotel Maxone Kota Sukabumi, secara resmi melaunching Aplikasi Super (Sukabumi Participated Responder) Pemerintah Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, perwakilan dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Aplikasi Super ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Kota Sukabumi dan Program Kerja 100 Hari Wali Kota dan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, dalam rangka menyediakan sarana laporan dan pengaduan secara terpadu serta mudah diakses oleh seluruh masyarakat Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, Aplikasi Super ini bersifat mobil, melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah. Dengan demikian, dalam aplikasi ini, masyarakat dapat berinteraksi dengan Pemerintah Kota Sukabumi secara interaktif dan secara online, dengan prinsip mudah dan terpadu, untuk mengawasi pembangunan dan pelayanan publik di Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, Aplikasi Super ini terhubung dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dan terintegrasi langsung dengan Aplikasi e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi, LAPOR.go.id., sehingga setiap laporan dan pengaduan atau kritikan dan masukan dari masyarakat dapat dibaca dan diterima serta dapat ditanggapi oleh SKPD terkait masing-masing. Sebab permasalahan di lapangan akan berbeda-beda, dan apabila ada laporan atau pengaduan dari masyarakat secara umum, operator harus dapat langsung merespon dan menjawab serta menanggapinya, sesuai dengan kapasitas serta Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungi) SKPD masing-masing, atau meneruskannya kepada SKPD terkait, apabila salah tujuan.

Adapun cara menggunakan Aplikasi Super ini, antara lain menginstal aplikasi di Playstore dengan nama SUPER : Sukabumi Participated Responder, Tampilan Aplikasi, Registrasi dan Login. Sedangkan cara menyampaikan laporan atau pengaduan ke aplikasi SUPER ini, tekan Tombol Buat Laporan, kemudian akan muncul Tampilan Buat Laporan, selanjutnya tekan Tampilan Tombol Panik dan akan muncul Tampilan Tombol Panik.

Leave a Reply