WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAPAT PLENO DKP PROVINSI JAWA BARAT

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T. beserta para Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, mengikuti Rapat Pleno DKP (Dewan Ketahanan Pangan) Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 17 Desember 2018, di Hotel Papandayan Kota Bandung, yang mengangkat tema, yakni Ketahanan Pangan menuju Kemandirian Pangan.

Rapat Pleno tersebut, dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat bertekad akan mewujudkan kemandirian pangan di Provinsi Jawa Barat melalui revolusi pangan, yang akan dimulai pada bulan Januari 2019 mendatang. Diharapkannya, melalui revolusi pangan, Provinsi Jawa Barat bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan, serta tidak lagi mengandalkan pangan dari daerah lain.

Dijelaskannya, ketahanan pangan merupakan hal yang harus diwujudkan, supaya kebutuhan pangan bagi sekitar 50 juta warga Provinsi Jawa Barat bisa terpenuhi. Dijelaskan pula, pihaknya merasa optimis, melalui revolusi pangan, kebutuhan pangan di Jawa Barat bisa dipenuhi, karena di Jawa Barat masih banyak lahan kosong dan nganggur.

Selanjutnya dijelaskan, revolusi pangan akan dimulai dengan pendataan potensi dan permasalahan pangan di 27 kabupaten dan kota se Jawa Barat. Setelah dilakukan pendataan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan pemetaan terhadap sentra-sentra produksi pangan. Sebab apabila tanpa data, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengalami kesulitan dalam melakukan revolusi pangan.

Selain itu juga dijelaskan, pemetaan sentra-sentra pangan di Jawa Barat, akan ditetapkan sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat. Sebagai salah satu contohnya, Kabupaten Indramayu ditetapkan sebagai sentra produksi beras. Sedangkan untuk kabupaten dan kota lainnya, akan ditetapkan sebagai sentra produksi pangan lainnya.

Sementara Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menjelaskan, dengan diadakanya Rapat Pleno DKP yang diselenggarakan oleh DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan) Provinsi Jawa Barat ini, ke depan bisa lebih meningkatkan produksi pangan di berbagai lahan dan sektor pertanian di Jawa Barat termasuk di Kota Sukabumi. Karena apabila revolusi pangan di Jawa Barat ini sudah diimplementasikan, akan membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap peningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan para petani di Jawa Barat dan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi.

Leave a Reply