PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MELAKSANAKAN SELEKSI TERBUKA UNTUK SEKRETARIS DAERAH

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, menurut rencana dalam waktu dekat akan melaksanakan seleksi terbuka untuk Sekretaris Daerah dan 4 Pejabat Eselon 2 di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat), serta Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Tenaga Kerja.

Karena seperti diungkapkan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Pemerintah Kota Sukabumi sudah mendapat rekomendasi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) dan persetujuan dari Gubernur Jawa Barat. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyebarkan pengumuman seleksi terbuka kepada setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya para pejabat yang berminat mengikuti seleksi tersebut bisa secepatnya mendaftar, karena seleksi terbuka ini diharapkan dapat segera dilaksanakan.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan seleksi terbuka tersebut, Tim Seleksi Pemerintah Kota Sukabumi sedang merumuskan tahapan seleksi, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta arahan dari Kemendagri dan Gubernur Jawa Barat. Sebab pengisian kekosongan Sekretaris Daerah dan 4 Pejabat Eselon 2 tersebut harus segera diisi, supaya pelayanan yang menjadi tugas Sekretaris Daerah dan 4 Pejabat Eselon 2 tersebut bisa lebih maksimal lagi.

Wali Kota Sukabumi menandaskan, kendati jabatannya sebagai Kepala Daerah belum mencapai 6 bulan, namun apabila mendapat rekomendasi dari Kemendagri dan persetujuan dari Gubernur, bisa melaksanakan seleksi terbuka dan melantik para pejabat tersebut. Karena apabila jabatannya sebagai Kepala Daerah sudah mencapai 6 bulan, tidak perlu mendapat rekomendasi dari Kemendagri dan persetujuan dari Gubernur.

Ditandaskan pula, dilaksanakannya seleksi terbuka untuk Sekretaris Daerah dan 4 Pejabat Eselon 2 tersebut, sebagai salah satu upaya untuk menghasilkan dan mendapatkan Sekretaris Daerah dan 4 Pejabat Eselon 2 tersebut yang lebih baik dan lebih profesional lagi. Terlebih untuk Sekretaris Daerah, selain harus profesional juga harus menjadi teladan serta harus menjadi nakhoda bagi seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara). Disamping itu, juga harus memiliki kemampuan manajerial dan mampu menjawab berbagai tantangan pemerintahan.

Leave a Reply