PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI MENDAPAT APE TAHUN 2018

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, kembali mendapat APE (Anugerah Parahita Ekapraya) Tahun 2018 dari Pemerintah Pusat. Anugerah tersebut diserahkan Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI, Yohana Yembise, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beserta 9 Kementerian dan Lembaga, 22 Pemerintah Provinsi serta 158 Pemerintah Kabupaten dan Kota lainnya se Indonesia, tepatnya hari Rabu, 19 Desember 2018, di Istana Wakil Presiden Jakarta. Acara penyerahan anugerah  tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.
Usai menerima anugerah tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, anugerah tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat, atas komitmen dan peran Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten dan Kota di Indonesia, yang telah berupaya optimal dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi PUG (Pengarus-Utamaan Gender).

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya  kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi, yang telah berupaya optimal dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi PUG, sehingga Kota Sukabumi mendapat kembali APE dari Pemerintah Pusat.

Dijelaskan pula, anugerah tersebut merupakan salah satu wujud nyata pengakuan dan apresiasi dari Pemerintah Pusat, atas kerja keras Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh SKPD serta instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi, yang senantiasa berupaya optimal melakukan berbagai terobosan dalam mewujudkan kesetaraan gender, sekaligus mendorong peran serta kaum perempuan dan perlindungan hak-hak anak di Kota Sukabumi.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pada tahun sebelumnya Pemerintah Kota Sukabumi juga mendapat anugerah yang sama dari Pemerintah Pusat, dengan predikat Madya, dan untuk tahun 2018 ini naik kelas dengan menyandang predikat Utama. Unuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diraihnya anugerah tersebut, dapat memicu dan memotivasi kinerja semua pihak, khususnya Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh SKPD serta instansi dan lembaga terkait di Kota Sukabumi, dalam mendorong kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan pemenuhan hak-hak anak.

Leave a Reply