HARI BELA NEGARA UNTUK MENGAJAK SEMUA WARGA NEGARA MEMBELA NEGARA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Sebagaimana ditandaskan Presiden RI, Joko Widodo, Hari Bela Negara yang diperingati pada setiap tanggal 19 Desember, dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara membela negara. Karena Bela Negara tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata sernata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Selain itu, juga tidak hanya dilakukan oleh aparatur negara saja, tapi harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara.

Penandasan Presiden RI tersebut, disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, hari Rabu, 19 Desember 2018, bertempat di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, jajaran Pengurus TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, Bela Negara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media, tokoh masyarakat dan pemuda serta tokoh agama, untuk memberikan sumbangsih kepada negara melebihi panggiian tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Disamping itu, seluruh warga negara dengan segala kelebihan dan kekurangannya, tetap harus dapat memberikan sumbangsihnya dalam Bela Negara. Lebih jauh ditandaskan, Negara Indonesia sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, serta sebagai negara maritim dengan ribuan pulau dan bangsa yang bhinneka dalam suku, ras dan agama patut bersyukur, bahwa Negara Indonesia tetap rukun, damai dan bersatu.

Selain itu juga ditandaskan, sebagai Negara Muslim terbesar di dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan keteladanannya dalam menjalankan demokrasi dan mencapai banyak kemajuan yang membanggakan. Demikian pula dalam desakan berbagai ideologi !ain, bangsa Indonesia tidak tergoyahkan dan tetap berpegang teguh pada ideologi Pancasila yang menjunjung tinggi agama, sesuai dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Selanjutnya ditandaskan, capaian besar ini bisa diraih, karena banyak warga negara Indonesia yang cinta negara dan cinta bangsa melampaui tugasnya.

Leave a Reply