WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MELAUNCHING PROGRAM SUKABUMI KECE

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., hari Kamis, 20 Desember 2018, di Hotel Maxone Kota Sukabumi. secara resmi melaunching Program Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center). Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi. Ketua TP PKK Kota Sukabumi. para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Direktur BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), para Camat dan Lurah, Wirausahawan dan para tamu undangan lainnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menjelaskan, pembangunan suatu negara hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan. Selain itu juga dijelaskan, program kesejahteraan hidup terutama dalam menciptakan pekerjaan dan kewirausahawan, menjadi salah satu strategi untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran, pendidikan dan kecakapan hidup, untuk menciptakan pekerjaan dan kewirausahaan, serta sebagai salah upaya pemberian kemampuan kepada masyarakat yang membutuhkan keterampilan dan bekal untuk bekerja dan berwirausaha.

Dijelaskan pula, Program Sukabumi Kece ini merupakan Program Prioritas 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, dalam rangka upaya mendorong terciptanya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Disamping itu, juga dalam rangka upaya meningkatkan dan mengembangkan serta memajukan ekonomi daerah yang bertumpu pada sektor perdagangan, ekonomi kreatif dan pariwisata, melalui prinsif kemitraan dengan dunia usaha, dunia pendidikan dan yang lainnya. Lebih jauh dijelaskan, wirausaha sebagai sarana untuk mewujudkan ekonomi daerah yang maju dan berkelanjutan, serta untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis potensial lokal. Selain itu, juga untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi, ke arah yang lebih baik lagi.

Dalam pada itu, Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Program Sukabumi Kece ini, untuk mendorong tumbuhnya entrepreneur lokal, melalui penyelengaran modal wirausaha baru, dengan pola pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan di level kelurahan, serta diprioritaskan bagi masyarakat Kota Sukabumi usia produktif, yakni usia 16 sampai dengan 30 tahun.

Adapun Program Sukabumi Kece ini, yakni pendampingan kepada Anggota Sukabumi Kece di setiap kelurahan, pembangunan tempat kumpul kreatif, serta pelatihan kewirausahaan di kantor kelurahan dan kecamatan, bekerja sama dengan LPK (Lembaga Pendidikan Keterampilan), bersenergi dengan Progran Anyelir dan Program Little, dengan menghadirkan Pasar UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di setiap kelurahan serta Pasar Kuliner Malam, menghadirkan sentra oleh-oleh khas Kota Sukabumi dan lain-lain.

Sedangkan tahap lanjutan dari Program Sukabumi Kece ini, yakni peningkatan kemampuan terkait pelaporan keungan. akses modal dan fasilitas perizinan. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya Program Sukabumi Kece ini, dapat mengurangi jumlah pengangguran dan dapat menciptakan lapangan usaha baru. Sementara manfaat dari Program Sukmabumi Kece ini, adalah mendapatkan pelatihan wirausaha, pendampingan usaha, bantuan perizinan, akses jejaring pemasaran, serta pelatihan dilakukan secara intensif, yakni setiap satu bulan dua kali, supaya dapat melahirkan wirausaha muda baru yang tangguh.

Leave a Reply