KERJASAMA PEMERINTAH KOTA SUKABUMI DAN KABUPATEN SUKABUMI AKAN DIMULAI PADA AWAL TAHUN 2019

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Kerjasama Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam peningkatan palayanan dasar publik, yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, serta ketenteraman dan ketertiban umum, akan dimulai pada awal tahun 2019. Adapun Nota Kesepakan Kerjasama tersebut, seperti diungkapkan Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., sudah datangani oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, tepatnya pada tanggal 4 Desember 2018, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Sedangkan untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut, akan dilaksanakan perjanjian kerjasama antar SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi menjelaskan, seperti disampaikan Wali Kota Sukabumi, kedua pemerintah baik Pemerintah Kota Sukabumi maupun Kabupaten Sukabumi harus saling ngopi bareng, atau harus saling berkomunikasi untuk membuat perjanjian secara detail dalam melakukan pembangunan di berbagai bidang. Dijelaskan pula, kerjasama ini sangat penting dilakukan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, karena wilayah Kota Sukabumi dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Sukabumi. Dengan demikian, berbagai pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, akan berdampak pada kedua pemerintah tersebut.

Sebagai salah satu contohnya masalah air PDAM, Pemerintah Kota Sukabumi mengambil sumber airnya dari wilayah Kabupaten Sukabumi. Untuk itu, pada saat Pemerintah Kota Sukabumi melakukan penanaman pohon di sekitar sumber-sumber air PDAM, harus dipayungi oleh perjanjian kerjasama yang disepakati oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Lebih jauh Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi menjelaskan, dengan dilakukannya kerjasama tersebut, sekat geografis atau letak daerah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi akan hilang, serta kedua Pemerintah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi akan senantiasa berkolaborasi dalam melakukan pembangunan di berbagai bidang.

Leave a Reply