PHI KE 90 TAHUN 2018 DI KOTA SUKABUMI DIRANGKAI DENGAN LAUNCHING KIA

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

PHI (Peringatan Hari Ibu) Ke 90 Tahun 2018, di Kota Sukabumi dirangkai dengan launching KIA (Kartu Identitas Anak) serta seminar dan sosialisasi Pemilu (Pemilihan Umum) Tahun 2019, tepatnya tanggal 22 Desember 2018, di Gedung Juang 45 Kota Suakbumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, Ketua Bhayangkari Polres Sukabumi Kota, Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Sukabumi, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. membacakan sambutan Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI, Yohana Yembise, diantaranya menjelaskan, bahwa PHI di Indonesia lahir dari Pergerakan Bangsa Indonesia, dalam Pergerakan Kebangsaan Kemerdekaan RI. Dijelaskan pula, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perjuangan panjang bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan, serta keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Selain itu juga dijelaskan, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami terhadap hak dan kewajibannya yang sama dengan laki-laki. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh prinsip kesetaraan dan pembagiaan tugas, serta peran dan tanggungjawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki, mulai dari lingkup keluarga dan masyarakat hingga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

PHI Ke 90 Tahun 2018 ini, mengusung tema, Bersama Kita Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga, Untuk Kesejahteraan Bangsa. Tema tersebut dibuat dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia tahun 2018, serta diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan PPPA, sebagaiman yang telah tercantum dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2015-2019, sekaligus mewujudkan Nawacita, sebagai salah satu agenda Nasional.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, PHI Ke 90 Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi ini, dilaksanakan bekerjasama dengan GOW Kota Sukabumi, yang mengayomi seluruh organisasi wanita di Kota Sukabumi, dirangkai dengan launching KIA bagi seluruh anak di Kota Sukabumi, bekerjasama dengan Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, serta seminar dan sosialisasi Pemilu (Pemilihan Umum) Tahun 2019, bekerjasama dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi.

Leave a Reply