BAGI MASYARAKAT YANG SUDAH BERUSIA 23 TAHUN LEBIH AGAR SEGERA MELAKUKAN PEREKAMAN KTP-EL

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menandaskan, bagi masyarakat Kota Sukabumi yang sudah berusia 23 tahun lebih tapi belum melakukan perekaman KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik), agar segera melakukan perekaman KTP-el. Karena Disdukcapil Kota Sukabumi akan menonaktifkan data kependudukan yang dimiliki, apabila sampai dengan tanggal 31 Desember 2018 belum melakukan perekaman KTP-el. Ditandaskan pula. kebijakan tersebut diberlakukan, menyusul adanya instruksi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, tentang batasan usia perekaman KTP-el, yakni bagi masyarakat usia 17 tahun ditambah 5 tahun harus segera melakukan perekaman KTP-el.

Adapun penduduk Kota Sukabumi yang wajib melakukan perekaman KTP-el, seluruhnya berjumlah 242.597 jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14.774 jiwa belum melakukan perekaman KTP-el dan data kependudukan. Untuk itu, Disdukcapil Kota Sukabumi akan terus berupaya optimal menggenjotnya, supaya ke 14.774 jiwa tersebut dapat segera melakukan perekaman KTP-el dan data kependudukan.

Lebih jauh ditandaskan, proses perekaman dan pelayanan pembuatan KTP-el dan data kependudukan dilakukan Disdukcapil Kota Sukabumi melalui berbagai cara dan upaya serta terobosan dan program unggulan si Jempol (Inovasi Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk (Administrasi Kependudukan), seperti KTP-el, KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran, Akta Kematian dan yang lainnya, serta mengoptimalkan pelayanan internal di kantor Disdukcapil Kota Sukabumi.

Sedangkan Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk melalui program si Jempol, diantaranya dilakukan secara door to door ke setiap sekolah, pabrik, perusahaan, pemukiman penduduk, pasar, Toserba (Toko Serba Ada) dan pusat perbelanjaan. Maksud dan tujuannya, selain untuk meningkatkan pelayanan Disdukcapil Kota Sukabumi, juga untuk membantu sekaligus mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam mengakses Dokumen dan Adminduk tanpa dipungut biaya alias gratis.

Selain itu Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menandaskan, KTP-el wajib dimiliki oleh setiap masyarakat usia 17 tahun lebih 1 hari. Adapun fungsi dan kegunaan KTP-el, diantaranya sebagai identitas jati diri, untuk mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat, mengurus perizinan, membuka rekening dan mengajukan kredit bank, melamar pekerjaan, masuk Anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta untuk keperluan lainnya.

Leave a Reply