WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MEMILIKI 3 PROGRAM UNTUK MENGENTASKAN KEMISKINAN

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., memiliki 3 program untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi. Adapun ke 3 program tersebut, terdiri dari program Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), sebagai pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi, serta diprioritaskan untuk warga Kota Sukabumi khususnya warga usia produktif.

Selanjutnya program Little Sukabumi sebagai program sinergitas antara Kota Sukabumi dengan kota-kota lainnya di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Bali, dengan mendirikan layanan informasi, pusat belanja, display atau menata produk unggulan Kota Sukabumi, serta program Forum SASA (Silih Asah dan Silih Asih) Kota Sukabumi, untuk menumbuhkan dan menghidupkan kembali rasa kesetiakawanan sosial di kalangan masyarakat Kota Sukabumi, serta untuk mendorong masyarakat Kota Sukabumi supaya dapat senantiasa berpartisipasi dan turun tangan apabila ada masalah sosial yang terjadi, bersama-sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya.

Dijelaskannya, ke 3 program tersebut memiliki fungsi masing-masing, namun saling berkaitan dengan upaya untuk mengentaskan kemiskinan, yakni dari mulai menciptakan wirausaha baru dan menciptakan lapangan pekerjaan baru di setiap kelurahan di Kota Sukabumi, hingga sinergisitas dengan kota lainnya di Indonesia, termasuk dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial yang terjadi secara bersama-sama. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar ke 3 program tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan semua pihak, sehingga tingkat kemiskinan di Kota Sukabumi bisa terus berkurang.

Selain itu juga dijelaskan, berdasarkan data yang ada di Dinas Sosial Kota Sukabumi, angka kemiskinan di Kota Sukabumi saat ini mencapai 8,9 persen, dari jumlah penduduk Kota Sukabumi kurang lebih 300 ribu jiwa. Lebih jauh dijelaskan, angka kemiskinan di Kota Sukabumi tersebut, lebih rendah apabila dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan program yang dilaksanakan dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi, diantaranya melalui program peningkatan dan pengembangan KUB (Kelompok Usaha Bersama), PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), serta Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Keterampilan Kerja kepada para pencari kerja usia produiktif, dan berbagai program lainnya.

Leave a Reply