DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI SEDANG MENGGENJOT PENERBITAN KIA

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, saat ini sedang berupaya optimal  menggenjot penerbitan KIA (Kartu Identitas Anak), untuk seluruh anak di Kota Sukabumi, usia di bawah 5 tahun sampai dengan usia 17 tahun kurang 1 hari. Bahkan untuk setiap anak yang memiliki KIA, bisa mendapat diskon atau potongan harga di sejumlah tempat perbelanjaan dan tempat bermain di Kota Sukabumi. Seperti dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., diskon di sejumlah tempat perbelanjaan dan tempat bermain di Kota Sukabumi bagi setiap anak yang memiliki KIA ini, merupakan salah satu upaya dan terobosan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan penggenjotan penerbitan KIA di Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, saat ini sudah ada 7 mitra Disdukcapil Kota Sukabumi, yang akan memberikan diskon kepada setiap anak yang memiliki KIA. Antara lain Hotel Maxone, SantaSea Waterpark, Rumah Seafood, Restoran Mc. Donald’s Indonesia, Kolam Renang Hotel Taman Sari, Taman Rekreasi Kolam Renang dan Olah Raga Kenari, serta Rumah Makan Kedai 79. Selain itu juga dikatakan, ke depan Disdukcapil Kota Sukabumi akan menambah mitra, untuk memberi layanan diskon kepada setiap anak yang memiliki KIA. Dengan demikian, fungsi KIA ini bukan hanya merupakan identitas bagi setiap anak saja, tapi juga memiliki kemanfaatan bagi yang lainnya.

Menyinggung jumlah KIA yang sudah diterbitkan hingga saat ini, menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi baru mencapai 550 kartu, sesuai dengan usulan dari sekolah. Untuk itu, pihaknya beserta seluruh jajarannya akan senantiasa berupaya optimal menggenjot penerbitan KIA, supaya seluruh anak di Kota Sukabumi memiliki KIA. Adapun maksud dan tujuan diterbitkannya KIA ini, sesuai dengan Pasal 2 Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 2 Tahun 2016, untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai salah satu upaya untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan terhadap hak konstitusional warga negara. Dijelaskannya, KIA ini merupakan identitas resmi dan bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

Sedangkan bagi anak yang baru lahir, KIA-nya akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan Akte Kelahirannya. Sementara bagi anak yang belum berusia 5 tahun tapi belum memiliki KIA, harus diajukan ke Disdukcapil Kota Sukabumi, dengan melampirkan foto copy dan menunjukkan Kutipan Akta Kelahiran Aslinya, serta KK (Kartu Keluarga) Asli Orang Tua, dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli Kedua Orang Tuanya.

Leave a Reply