WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA MUSRENBANG PENYUSUNAN RPJMD TAHUN 2018-2023

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, secara resmi membuka Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, tepatnya hari Kamis,  27 Desember 2018, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Anggota DPRD Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, perwakian dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan BUMD, serta para Camat dan Lurah. Selain itu, juga para Sesepuh, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat, para Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Organisasi Wanita dan Pemuda, serta para Pengusaha, unsur Perguruan Tinggi, Perbankan, Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menandaskan, Pemerintah Pusat telah mengamanatkan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, bahwa pola kepemimpinan yang diterapkan saat ini yakni pola dynamic governance atau kepeminpinan yang dinamis. Maksud dan tujuannya, supaya pemerintah harus senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat. Ditandaskan pula, rancangan RPJMD Kota Sukabumi ini, dilakukan oleh semua elemen, serta rancangan RPJMD ini masih berbentuk draf. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi mengharapkan, agar semua elemen memberikan saran dan masukan, untuk menentukan dan menetapkan RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, berdasarkan pasal 261 ayat 4 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, bahwa visi dan misi kepala daerah terpilih harus diterjemahkan dalam Dokumen RPJMD bersama dengan DPRD. Sebab Dokumen RPJMD ini merupakan rancangan pembangunan jangka menengah, sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, bahwa RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023 ini merupakan tahapan 5 tahun fase ke 4, untuk mewujudkan Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Selain itu, penyusunan RPJMD Kota Sukabumi ini merupakan rangkaian yang berkesinambungan, diawali dengan penyusunan rancangan RPJMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2017. Dijelaskan pula, RPJMD ini akan diajukan ke DPRD Kota Sukabumi, untuk dibahas menjadi Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi.

Leave a Reply