PADA MALAM TAHUN BARU 2019 SATLANTAS POLRES SUKABUMI KOTA AKAN MELAKUKAN REKAYASA LALU LINTAS

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Pada Malam Pergantian Tahun Baru 2019, tepatnya pada hari Senin malam, 31 Desember 2018, Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, akan melakukan rekayasa lalu lintas, yakni melalukan pengalihan rute lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi, serta akan melakukan penutupan terhadap sejumah ruas jalan di Kota Sukabumi, untuk seluruh jenis kendaraan.

Seperti ditandaskan Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP M. Bima Gunawan, rekayasa lalu lintas atau pengalihan rute lalu lintas dan penutupan terhadap sejumah ruas jalan di Kota Sukabumi ini, dilakukan secara insidentil, khususnya pada setiap malam pergantian tahun baru. Karena pada setiap malam pergantian tahun baru, senantiasa terjadi peningkatan volume kendaraan dan peningkatan aktivitas masyarakat, khususnya di pusat Kota Sukabumi.

Dtandaskan pula, rekayasa lalu lintas atau pengalihan rute lalu lintas dan penutupan terhadap sejumah ruas jalan di Kota Sukabumi ini, tergantung pada kondisi kepadatan kendaraan, serta dikhawatirkan terjadi akibat ditutupnya jalur Puncak pada malam pergantian tahun baru 2019. Adapun seluruh kendaraan di Kota Sukabumi yang datang dari arah Jalan Sudirman, dialirkan normal ke Jalan Veteran sampai dengan Jalan Suryakencana. Sedangkan kendaraan yang datang dari arah Jalan Nyomplong dilarang belok kanan, tapi harus belok kiri ke Jalan Arif Rahman Hakim.

Sementara ruas jalan di Kota Sukabumi yang akan ditutup untuk seluruh jenis kendaraan pada malam pergantian tahun baru 2019, yakni Jalan A. Yani mulai dari persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Yuliu Usman sampai dengan persimpangan Jalan Zaenal Zakse dan Jalan Stasiun Timur, serta Jalan Ciwangi, Jalan Mayawati dan Jalan Balaidesa. Karena di jalan tersebut, pada setiap malam pergantian tahun baru senantiasa menjadi pusat keramaian masyarakat, dan penutupan jalan tersebut akan dilakukan secara situasional.

Kasatlantas Polres Sukabumi Kota menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keamanan pada malam pergantian tahun baru 2019, pihaknya menerjunkan sebanyak 77 personil, ditempatkan di 26 Pospam (Pos Pengamanan) dan di sejumlah titik ruas jalan untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan dari luar Kota Sukabumi, yakni seluruh kendaraan yang datang dari arah Cianjur dan Kabupaten Sukabumi rutenya akan dialihkan. Namun apabila arus lalu lintas normal dan tidak ada lonjakan kendaraan, kendaraan yang datang dari arah Cianjur dan Kabupaten Sukabumi masih bisa melalui jalan utama menuju pusat Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, apabila terjadi lonjakan volume kendaraan di Kota Sukabumi akibat ditutupnya jalur Puncak, akan diberlakukan buka tutup jalan menuju jalur utama ke pusat Kota Sukabumi, dan sebagian kendaraan akan dialihkan ke jalan alternatif, yakni ke Jalan Lingkar Selatan hingga ke Jalan Raya Cibolang Kabupaten Sukabumi.

Leave a Reply