PADA MALAM PERGANTIAN TAHUN BARU 2019 AGAR LEBIH MEMPERBANYAK KEGIATAN KEAGAMAAN

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi, pada malam pergantian tahun baru 2019 agar lebih memperbanyak kegiatan keagamaan, dzikir, doa bersama dan bentuk lainnya, di tempat ibadahnya masing-masing, sekaligus mendoakan segenap masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana alam Tsunami Selat Sunda di Banten, serta melakukan penggalangan donasi yang disalurkan melalui Bank BJB Cabang Sukabumi dengan Nomor Rekening 000.000.000.1914 atas nama Peduli Banten Kota Sukabumi. Selain itu, juga tidak mengisi kegiatan pergantian malam tahun baru 2019 dengan bentuk hiburan pesta kembang api, konvoy kendaraan dan kegiatan lainnya yang berlebihan.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada para pemilik atau pengelola Tempat Hiburan, Rumah Makan, Hotel dan Penginapan di Kota Sukabumi, agar tidak mengadakan kegiatan yang bertentangan dengan ajaran agama dan hukum serta nilai budaya yang bertandaskan akhlak mulia. Disamping itu, juga agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing, berkoordinasi dengan aparat setempat, untuk menjaga kondusifitas wilayah Kota Sukabumi, yakni aman, tenteram, tertib, nyaman dan damai.

Sedangkan untuk mengamankan malam pergantian tahun baru 2019, Pemerintah Kota Sukabumi bekerjasama dengan Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, serta Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, menerjunkan sebanyak 900 personil, yang tergabung dalam Operasi Lilin Lodaya Tahun 2018, serta ditempatkan di sejumlah Posgab (Pos Gabungan) dan Pospam (Pos Pengamanan), termasuk di sejumlah titik keramaian dan kemacetan lalu lintas di Kota Sukabumi.

Ditandaskannya, dengan hal tersebut, apabila ada ancaman dan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, dapat segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal membantu pengamanan dan kelancaran Perayaan Tahun Baru 2019, dengan mengerahkan seluruh aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, serta menyiagakan seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas termasuk PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi selama 24 jam. Karena di Kota Sukabumi sudah dilaunching dan dilaksanakan program Home Care atau Pelayanan Kesehatan dan Ambulance Gratis Sigap serta Puskesmas Siaga, untuk mengantisipasi dan menangani berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Leave a Reply