DINAS SOSIAL KOTA SUKABUMI MELAKUKAN PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN KEPADA PARA WPS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Dinas Sosial Kota Sukabumi bekerjasama dengan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para WPS (Wanita Pekerja Seks) di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 29 Desember 2018, di Ruangan Pertemuan Dinas Sosial Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si., perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan KPA Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M., dalam kesempatan tersebut menjelaskan, dilaksanakannya pembinaan dan pendampingan kepada para WPS ini, merupakan program kampanye sosial di Kota Sukabumi. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, sebagai salah satu upaya untuk merubah perilaku para WPS ke arah yang lebih baik, serta dapat meninggalkan pekerjaannya sebagai WPS.

Dijelaskan pula, ada beberapa program dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya untuk bulan Febuari 2019 mendatang, yakni para WPS yang mengikuti pembinaan dan pendampingan ini, akan didaftarkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan, serta Pemerintah Kota Sukabumi pernah melaksanakan kegiatan ini, tepatnya pada tahun 2017 yang lalu.

Sedangkan untuk tahun ini, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Sosial Kota Sukabumi mengundang sebanyak 20 orang WPS di Kota Sukabumi, namun yang hadir hanya 16 orang. Dikatakannya, para WPS ini nantinya akan diberi pelatihan keterampilan di Balai Rehabiltasi yang berada di daerah Cibadak Sukabumi, selama kurang lebih 6 bulan. Adapun jenis pelatihan keterampilan yang dilaksanakan di Balai Rehabiltasi tersebut, antara lain Tata Boga, Menjahit, Salon dan lain-lain, serta setelah selesai mengikuti pelatihan akan langsung diberi sertifikat.

Sementara Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Drs. Aang Zaenudin, M.Pd. menambahkan, maksud dan tujuan dilaksankannya pembinaan dan pendampingan kepada para WPS ini, untuk menjalin serta meningkatkan kekerabatan dan kekeluargaan sekaligus memberikan solusi kepada para WPS, melalui berbagai program pelatihan keterampilan dan peluang usaha serta bantuan kesehatan. Selain itu juga dikatakan, Dinas Sosial Kota Sukabumi akan mendata para WPS ini, supaya apabila ada peluang usaha bisa langsung dihubungi.

Leave a Reply