MASYARAKAT AGAR MEMBANTU KORBAN BENCANA TANAH LONGSOR DI KABUPATEN SUKABUMI

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar mendoakan dan membantu para korban bencana tanah longsor di Kabupaten Sukabumi, yakni di Kampung Adat Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, tepatnya tanggal 31 Desember 2018, pukul 17.00 WIB, dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan kepada para korban bencana tersebut, melalui rekening Bank BJB Cabang Sukabumi Nomor 000.000.000.1914. Karena dalam bencana tersebut, sebanyak 30 unit rumah yang dihuni oleh 101 jiwa dari 32 KK (Kepala Keluarga) tertimbun tanah longsor.

Dikatakannya, menurut informasi terakhir dari aparat berwenang, tepatnya hingga tanggal 2 Januari 2019, dari jumlah jiwa tersebut sebanyak 63 jiwa selamatm 3 jiwa luka-luka dan 15 jiwa ditemukan meninggal dunia, serta sebanyak 20 jiwa lagi belum ditemukan. Selanjutnya, Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi, turut berduka cita dan bela sungkawa atas tejadinya bencana tersebut. Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan dan mendoakan, agar seluruh masyarakat yang selamat dari bencana tersebut, senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan. Demikian pula masyarakat yang meninggal dunia dalam bencana tersebut, mendapat rohmat dan maghfiroh serta ditempatkan di tempat yang diridoi oleh oleh Yang Maha Kuasa. Wali Kota Sukabumi juga mengatakan, Pemerintah Kota Sukabumi akan membantu para korban bencana tersebut, baik berupa bantuan personil maupun bantuan materil yang menjadi kebutuhan para korban bencana tersebut.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Drs. Aang Zaenudin, M.Pd. menjelaskan, Dinas Sosial Kota Sukabumi melalui Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kota Sukabumi, sudah mengirimkan dua personil ke lokasi bencana tersebut, sekaligus mengirim beberapa kebutuhan bahan pokok untuk para korban bencana tersebut. Disamping itu, kedua personil Tagana Kota Sukabumi ini, akan melihat dan meminta informasi sekaligus menginventarisir tentang jenis kebutuhan yang diperlukan oleh para korban bencana tersebut.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Akhmad Zulkarnain, S.E. mengatakan, pihaknya sudah mengirim sebanyak 12 personil dan logistik beserta Dinas Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi dan Kodim 0607 Kota Sukabumi ke lokasi bencana tererbut. Selain itu, pihaknya juga masih menunggu informasi dari Tim BPBD Kota Sukabumi, tentang jenis bantuan yang dibutuhkan oleh para korban bencana tersebut.

Leave a Reply