UPACARA PERINGATAN HARI AMAL BAKTI KE 73 KEMENTRIAN AGAMA

Reporter  : ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Editor       : RATNA NURSEHA

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengajak seluruh bangsa Indonesia khususnya para pegawai di lingkungan Kementerian Agama, untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 dalam kesederhanaan, keprihatinan dan kepedulian, untuk membantu saudara yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti Lombok, Palu, Banten Dan Lampung. Seluruh Bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dalam derita dan bahagia, serta dalam suka cita maupun duka lara.

Sambutan Menteri Agama tersebut disampaikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi,  pada upacara peringatan Hari Amal Bhakti Ke-73 Kementerian Agama Tingkat Kota Sukabumi, Kamis, 3 Januari 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Ketua DPRD Kota Sukabumi, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Para Asisten Daerah, Kepala SKPD, dan para Kepala Madrasah se-Kota Sukabumi.

Diungkapkan pula, berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat. Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, memberi jaminan kepada warganya untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi oleh negara, bahkan kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Adapun Tema HAB ke 73 ini adalah Jaga Kebersamaan Umat. Tema ini mengandung makna bahwa seluruh ASN Kementerian Agama harus menjadi perangkai, penjalin dan perajut tenun kebangsaan yang bhineka. Menteri Agama juga mengajak untuk senantiasa menegakan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu intregritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan HAB ke 73, Drs. H. Chalid  Mawardi, M.Ag. menjelaskan, Hari Amal Bhakti Kementrian Agama adalah hari yang diperingati setiap tahun oleh keluarga besar Kementerian Agama sejak tahun 1957, sebagai hari berdirinya Kementrian Agama. Kemudian pada tahun 1980 dikenal dengan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama. Kementrian Agama Kota Sukabumi pada awalnya bergabung dengan Departemen Agama Kabupaten Sukabumi, kemudian pada tahun 1975 terbentuk Kantor Kementrian Agama Kota Sukabumi.

Leave a Reply