WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MENINJAU SEJUMLAH LOKASI BANJIR DI KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. didampingi PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. dan Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., bersama Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., meninjau sejumlah lokasi banjir di Kota Sukabumi, akibat hujan lebat hari Minggu, 13 Januari 2019, diantaranya ke wilayah RT 05 dan RT 06 RW 06 Kelurahan Kebonjati Kecamatan Cikole, akibat air sungai Cileles meluap, sehingga banyak rumah masyarakat yang terendam air setinggi 50 centi meter.

Selanjutnya ke SMK AMS Kota Sukabumi, tepatnya di Gang Titiran Kelurahan Sriwidari Kecamatan Gunung Puyuh, akibat jebolnya tanggul di sekitar SMK tersebut, serta ke wilayah RT 01 RW 07 Kelurahan Cikole Kecamatan Cikole, yakni belakang rumah dan pagar rumah dr. Nur UB, SMAK BPK Penabur ambruk menimpa rumah Anwar, yang berlokasi di wilayah RT 04 RW 04 Kelurahan Cikole Kecamatan Cikole.

Kemudian ke wilayah RW 10 Kebon Jengkol Kelurahan Nangeleng Kecamatan Citamiang, akibat air sungai Cisuda meluap, merendam kurang lebih 50 rumah masyarakat di wilayah RT 04, RT 05 dan RT 09 RW 10 Kebon Jengkol Kelurahan Nangeleng Kecamatan Citamiang setinggi kurang lebih 70 centi meter. Selain merendam rumah masyarakat, juga merendam warung, kios dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Al Muhtar serta sawah dan kolam.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, terutama yang berdomisli di sepanjang daerah aliran sungai dan lereng bukit, agar senantiasa waspada dan berhati-hati pada musim hujan saat ini. Karena pada setiap musim hujan, hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Sukabumi, terutama yang dibarengi dengan angin kencang, sering terjadi bencana alam, yakni bencana banjir, tanah longsor, rumah ambruk dan pohon tumbang.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi menghimbau sekaligus menginstruksikan kepada seluruh aparat wilayah dari mulai Camat dan Lurah sampai Ketua RW dan RT di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal mengintensifkan sistem informasi dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana, kepada segenap lapisan masyarakat di wilayahnya masing-masing. Maksud dan tujuannya, supaya apabila terjadi bencana di wilayahnya masing-masing dapat segera mengambil tindakan yang tepat, untuk menyelamatkan diri dan keluarganya serta masyarakat lainnya.

Leave a Reply