PENJELASAN WALI KOTA SUKABUMI TERHAPAP 3 RAPERDA KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Penjelasan Wali Kota Sukabumi terhapap 3 Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi, pada Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, hari Senin malam, 14 Januari 2019, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi. Adapun ke 3 Raperda tersebut, terdiri dari Raperda Tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, Raperda Tentang LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio dan Televisi, serta Raperda Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengatakan, penyusunan ke 3 Raperda tersebut, sebagai pelaksanaan dari Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Tahun Anggaran 2019, yang tertuang dalam Keputusan DPRD Kota Sukabumi Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Propemperda Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2019. Dikatakan pula, Raperda Tentang RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, merupakan Dokumen Perencanaan Daerah untuk Periode 5 Tahun, terhitung sejak dilantik sampai dengan berakhirnya masa Jabatan Kepala Daerah Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023.

Selanjutnya Raperda Tentang LPPL Radio dan Televisi sangat penting, karena keberadaan radio dan televisi sebagai media penyiaran di daerah mempunyai peranan yang sangat penting, strategis dan efektif dalam memberikan keseimbangan informasi, pendidikan, kebudayaan dan hiburan yang bersifat positif kepada   masyarakat, sehingga dapat mendukung terhadap keberhasilan program pembangunan, kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan. Selain itu, juga untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika), yang diatur dalam Peraturan Menkominfo Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Perizinan Penyelenggaraan Penyiaran.

Demikian pula Raperda Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik juga sangat penting, dengan latar belakang bahwa air limbah domestik yang dibuang ke media lingkungan berpotensi menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta dapat menurunkan derajat kesehatan dan produktivitas kegiatan manusia. Disamping itu, juga untuk memberikan arah, landasan dan kepastian hukum kepada semua pihak, dalam penyelenggaraan pengelolaan air limbah domestik di Kota Sukabumi.

Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi tersebut, dilanjutkan Rapat Paripurna dengan acara Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Sukabumi, atas Penjelasan Wali Kota Sukabumi terhapap 3 Raperda Kota Sukabumi tersebut, tepatnya hari Selasa, 15 Januari 2019, dan Rapat Paripurna Tentang Jawaban Wali Kota Sukabumi terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Sukabumi, hari Rabu, 15 Januari 2019, dilanjutkan Rapat Paripurna Pembentukan 2 Pansus (Panitia Khusus) DPRD Kota Sukabumi, untuk membahas ke 3 Raperda Kota Sukabumi tersebut.

Leave a Reply