WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI SENAM BERSAMA


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mengikuti senam bersama sekaligus syukuran satu tahun program minggu bergerak, tepatnya tanggal 20 Januari 2019, di Sub Terminal Bungbulang Kecamatan Cibeureum. Kegiatan tersebut juga diisi berbagai stan bazar, pemeriksaan kesehatan dan berbagai permainan tradisional. Sedangkan para pejabat yang mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T., Kepala Bagian Humas (Hubungan Masyarakat) dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si., Camat Cibeureum, Adrian Hariadi, S.STP., para Lurah se Kecamatan Cibeureum, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, olahraga merupakan kegiatan yang sistematis, untuk mendorong dan membina serta mengembangkan potensi jasmani, rohani dan sosial. Untuk itu, kegiatan olahraga difungsikan untuk mengembangkan kemampuan jasmani, rohani dan sosial. Selain itu, juga untuk membentuk kesehatan masyarakat, dengan memperhatikan dan melaksanakan aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga, untuk membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat. Oleh karenanya, olahraga menjadi bagian yang sangat penting dan strategis, khususnya dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya olahraga di daerah, diantaranya untuk mendukung pencapaian tujuan keolahragaan provinsi dan nasional, sekaligus menggerakkan potensi masyarakat di daerah. Berkaitan dengan hal tersebut, keolahragaan ini dilaksanakan dengan prinsip demokratis, tidak diskriminatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan serta budaya dan kemajemukan masyarakat. Disamping itu juga keadilan, sesuai dengan nilai-nilai kemajemukan masyarakat, sportivitas serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan estetika. Kemudian pembudayaan dan keterbukaan, pengembangan kebiasaan hidup sehat dan aktif bagi masyarakat, termasuk pemberdayaan dan kesehatan serta keutuhan jasmani dan rohani masyarakat.

Wali Kota Sukabumi juga menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi memiliki kewenangan untuk mengatur, membina dan mengembangkan serta melaksanakan dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan di Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting dilaksanakan, untuk mempertahankan kebugaran dan kesehatan masyarakat. Sebab olahraga merupakan salah satu perilaku yang aktif, untuk menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh setiap masyarakat, untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh, khususnya dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan berbagai jenis penyakit.

Leave a Reply