PROGRAM PTSL PEMANFAATANNYA AGAR BETUL-BETUL DIMAKSIMALKAN OLEH MASYARAKAT


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengharapkan, program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Tahun 2019, pemanfaatannya agar betul-betul dimaksimalkan oleh masyarakat. Maksud dan tujuannya, supaya masyarakat yang berhak dan belum memilki serifikat tanah, bisa secepatnya memiliki sertifikat tanah. Harapan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menghadiri Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan PTSL Tahun 2019 di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 21 Januari 2019, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Diharapkan pula, berbagai solusi terbaik harus diberikan kepada masyarakat. Bekaitan dengan hal tersebut, program PTSL ini dapat menjadi bagian yang terbaik bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat benar-benar merasakan keberadaan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dikatakannya, untuk menunjang kelancaran dan kebehasilan pelaksanaan program tersebut, diperlukan dukungan dari para camat dan lurah secara optimal.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPN (Badan Pertanahan Nasional), atas kolaborasinya dengan Pemerintah Kota Sukabumi, seraya mengharapkan, agar program tersebut menjadi salah satu kebaikan dan keberkahan bagi semua pihak, baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat.

Sementara Tim dari Kantor ATR BPN (Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi, dalam kesempatan tersebut memaparkan beberapa hal tentang pemahaman dan pengertian program PTSL. Sedangkan dasar hukum pelaksanaan program PTSL ini, yakni Peraturan Menteri ATR sekaligus sebagai Kepala BPN RI Nomor 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PTSL.

Dijelaskannya, kegiatan PTSL untuk pertama kali yang dilaksanakan secara serentak ini, meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan desa dan kelurahan. Dijelaskan pula, program PTSL ini adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah secara terus menerus serta berkesinambungan dan teratur, yang meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan dan penyajian, serta pemeliharaan data fisik dan data yuridis dalam bentuk peta dan daftar mengenai bidang-bidang tanah dan satuan rumah susun, termasuk pemberian tanda bukti haknya bagi bidang-bidang tanah yang sudah ada haknya, serta hak milik atas satuan rumah susun dan hak-hak tertentu yang membebaninya.

Leave a Reply