ANGGARAN UNTUK NORMALISASI SUNGAI DIHARAPKAN DAPAT DITINGKATKAN


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Anggaran untuk normalisasi sungai di Kota Sukabumi, diharapkan dapat ditingkatkan. Harapan tersebut disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, S.T. Karena anggaran tersebut, dalam setiap tahunnya hanya sekitar Rp. 30 juta. Sedangkan jumlah sungai di Kota Sukabumi cukup banyak, serta tidak sedikit yang kondisinya sudah mengalami pendangkalan.

Untuk itu, dalam setiap melakukan normalisasi sungai, pihaknya senantiasa melibatkan aparat wilayah kecamatan dan kelurahan serta masyarakat di sekitar sungai masing-masing. Maksud dan tujuannya, untuk menumbuhkan dan meningkatkan kembali kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai di wilayahnya masing-masing.

Dikatakannya, dalam setiap melakukan normalisasi sungai, senantiasa disesuaikan dengan skala prioritas, yakni terhadap sungai yang dinilai harus segera dibersihkan. Selain itu, pihaknya juga senantiasa melakukan koordinasi dengan Dinas PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, untuk melakukan normalilasi sungai. Sebab dalam melakukan normalilasi sungai menjadi kewenangan Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat.

Adapun kewenangan Kota Sukabumi dalam melakukan normalisasi sungai ini, yakni sungai-sungai yang melintasi Kota Sukabumi saja. Sedangkan bagian hulu dan bagian hilir sungai ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Untuk itu, dalam setiap melakukan normalisasi sungai di Kota Sukabumi, pihaknya senantiasa melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi menandaskan, normalisasi sungai sangat penting dilakukan, sebagai salah satu upaya dan metode untuk menyediakan alur sungai dengan kapasistas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama pada saat terjadi turun hujan yang tinggi.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya normalisasi sungai, diantaranya untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena erosi atau kikisan, serta memperluas profil sungai untuk menampung air pada saat terjadi turun hujan lebat. Sedangkan normalisasi sungai mencakup pengerasan dinding sungai, pembangunan sudetan, pembuatan tanggul dan pengerukan.

Leave a Reply