PARA PKL YANG BERJUALAN DI JALAN DEWI SARTIKA SUDAH DIRELOKASI KE PASAR DEWI SARTIKA


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Para PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di badan jalan Dewi Sartika Kota Sukabumi khususnya para pedagang pisang dan buah-buahan, semuanya sudah direlokasi ke Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi, atau dulu lebih dikenal dengan sebutan Pasar Geledog Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 24 Januari 2019. Dengan demikian, badan jalan tersebut kini lebih luas dan lebih bersih dari bangunan-bangunan liar lapak PKL. Karena para PKL yang berjualan di badan jalan tersebut, semuanya sudah pindah ke dalam Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi. Adapun poses pelaksanaan relokasi terhadap para PKL tersebut, sempat ditinjau oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apesiasi yang setinggi-tingginya kepada para PKL tersebut, atas kesadaran dan kepedulianya tidak berjualan lagi di badan jalan Dewi Sartika, tapi semuanya berjualan di dalam Pasar Dewi Sartika. Karena berjualan di badan jalan tersebut, selain sangat mengganggu terhadap kelancaran para pejalan kaki dan para pengguna kendaraan yang melintas di jalan tersebut, juga sangat mengancan terhadap keselamatan para konsumen dan para PKL. Sebab di jalan tersebut banyak kendaraan yang melintas, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Tapi dengan berjualan di dalam pasar, para konsumen dan para pedagang tersebut akan lebih aman dan nyaman. Selain itu, juga keberadaan dan suasana di jalan tersebut lebih tertib, bersih, indah dan nyaman. Wali Kota Sukabumi mengatakan, maksud dan tujuan dibangunnya pasar tersebut, untuk merelokasi dan menampung para PKL yang berjualan di badan jalan Dewi Sartika. Oleh karenanya, pasar tersebut dibangun menjadi dua lantai, serta jumlah Kios dan Ruko (Rumah Toko)-nya pun ditambah.

Sementara Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi, Faizal Yusniansyah menjelaskan, penertiban terhadap lapak liar dan relokasi terhadap para pedagang di sepanjang jalan Dewi Sartika Kota Sukabumi ini, merupakan kesepakatan bersama antara para pedagang dan aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Dengan demikian, poses pelaksanaan relokasi terhadap para pedagang tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan semua pihak. Dijelaskan pula, di Pasar Dewi Sartika ini, para pedagang menjual berbagai kebutuhan pokok dan kuliner, yakni di lantai satu berbagai jenis kebutuhan pokok, serta di lantai dua kuliner dan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Sedangkan mengenai Pengelolaan Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi ini, diserahkan langsung kepada para pedagang melalui Paguyuban Pedagang Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi. Untuk itu, seluruh pedagang yang bejualan di Pasar Dewi Sartika ini sepakat akan berupaya optimal menjaga dan merawat kondisi fisik bangunan pasar ini, termasuk kebersihan, keindahan dan kesehatan serta keamanan dan kenyamanannya, melalui Paguyuban Pedagang Pasar Dewi Sartika Kota Sukabumi.

Leave a Reply