BRT KOTA SUKABUMI AKAN DIOPERASIKAN UNTUK MELAYANI RUTE JALAN LINGKAR SELATAN SUKABUMI


Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi beserta Pemerintah Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu, mendapat hibah BRT (Bus Rapid Transit) dari Kementerian Perhubungan RI. Sedangkan Pemerintah Kota Sukabumi, mendapat hibah bus tersebut sebanyak 5 unit. Hibah bus tesebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Nusantara Tahun 2018 Tingkat Jawa Barat, bertempat di Halaman Gedung Sate Provinsi Jawa Barat.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, BRT Kota Sukabumi akan dioperasikan dengan menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Karena rute yang dilalui BRT ini, menggunakan sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi. Dijelaskan pula, pengoperasian BRT ini, tidak akan mengganggu trayek angkutan umum yang sudah ada, seperti trayek Angkot (Angkutan Kota). Dengan demikian, keberadan sarana transportasi ini dapat membantu masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, khususnya pada jalur jalan yang belum memiliki moda transportasi.

Diharapkannya, dengan dioperasikannya BRT ini, dapat mempercepat pembangunan transportasi di Kota Sukabumi, yakni dari yang sebelumnya menggunakan sarana transportasi kecil dengan menggunakan sarana transportasi besar. Diharapkan pula, dengan kehadiran sarana transportasi besar ini, dapat mengurai kepadatan dan kemacetan lalu lintas, khususnya di Kota Sukabumi. Disamping itu, dengan menggunakan sarana transportasi besar, masyarakat khususnya para penumpang akan merasa lebih nyaman dan menyenangkan. Dikatakannya, hal tersebut menjadi salah satu pemicu dan penyemangat bagi Pemerintah Kota Sukabumi, untuk terus melakukan berbagai pembenahan dan penataan terhadap sarana transportasi publik di Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD. menjelaskan, BRT Kota Sukabumi ini menurut rencana akan dioperasikan untuk melayani rute Jalan Lingkar Selatan Sukabumi, tepatnya dari Cibeureum Kota Sukabumi hingga Cibolang Kabupaten Sukabumi. Karena jalur jalan tersebut, hingga saat ini belum dilintasi oleh angkutan umum. Adapun rute yang dilintasi BRT ini, panjangnya mencapai 12.8 kilo meter, dengan biaya transportasinya hanya sebesar Rp. 4 ribu per penumpang.

Leave a Reply