PETUGAS AMBULAN SIGAP SELALU SIGAP EVAKUASI PASIEN


Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Ambulan SIGAP (Siap Ikhlas Segera Antar Jemput Pasien) merupakan salah satu program unggulan dalam bidang kesehatan berupa layanan kesehatan gratis  dari Pemerintah Kota Sukabumi. Pelayanan ambulan SIGAP dapat diakses oleh masyarakat Kota Sukabumi kapanpun, 24 jam per hari, 7 hari per minggu. Saat ini  jumlah ambulan SIGAP terdiri dari 4 unit mobil Ambulan yang dilengkapi dengan fasilitas perawatan, oksigen, tandu dan perlengkapan lainnya.

Petugas Ambulan SIGAP Dinas Kesehatan Kota Sukabumi harus selalu siap dan sigap melakukan evakuasi jika dibutuhkan. Mereka bertugas dibagi dalam tiga shift per hari, terdiri dari petugas penerima laporan dari masyarakat atau dari rujukan petugas home care, dan petugas yang mengeksekusi laporan di lapangan. Evakuasi pasien yang mendapat rujukan penanganan medis ke rumah sakit dari petugas Home Care dilakukan setelah petugas menerima informasi, kemudian petugas ambulan SIGAP bergegas ke rumah pasien untuk melakukan penjemputan.   

Kepala UPT Penunjang Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Eri Nasution  mengatakan, sejak layanan ini dilaunching   pada November 2018 lalu, hingga bulan Januari 2019 sudah melayani sebanyak 102 rujukan, baik dari rumah pasien ke rumah sakit maupun dari rumah sakit ke rumah pasien. Dijelaskannya, pasien yang dilayani ambulan SIGAP berdasarkan informasi dari petugas Home Care di lapangan setelah dilakukan perawatan. Apabila pasien tersebut memerlukan rujukan maka akan menghubungi petugas ambulan SIGAP. Selain itu, masyarakat juga  bisa mengakses layanan ini dengan menelepon langsung ke ambulan SIGAP melalui  nomor layanan  0800 1000 119.

Dikatakan pula, dalam memberikan layanan SIGAP, terkadang petugas terkendala di lapangan terutama pada wilayah yang sulit dijangkau peralatan, seperti di daerah gang sempit dan persawahan sehingga saat membawa pasien petugas mengatasinya dengan cara menggendong pasien hingga sampai ke ambulan.

Leave a Reply