PETUGAS HOME CARE BERIKAN LAYANAN KESEHATAN BAGI WARGA SUKAKARYA


Reporter : KHAERU SOBRI

Redaktur/Editor : RATNA NURSEHA

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj Wiwi Edhie Yulaviani mengatakan, pelayanan home care merupakan salah satu program unggulan pemerintah Kota Sukabumi dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. Program Home care disediakan bagi warga atau pasien yang  tidak dapat atau tidak bisa dirawat di rumah sakit maupun puskesmas. Pada saat memberikan pelayanan, petugas home care berkolaborasi dengan tenaga medis Puskesmas setempat atau datang langsung ke rumah warga yang memerlukan layanan tersebut dengan sepengetahuan kepala Puskesmas setempat.

Seperti yang dilakukan petugas layanan kesehatan Home Care saat mendatangi rumah warga di Kelurahan Sukakarya RT 03 RW 03 Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, kedatangan petugas home care didampingi langsung oleh kepala Puskesmas Sukakarya dan tenaga medis setempat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada salah seorang anggota keluarga Bapak Cece yang terkena serangan stroke sejak beberapa tahun lalu. Akibat serangan stroke, sebagian anggota tubuh terutama pada lengan dan kaki tidak bisa berfungsi  secara normal, sehingga memerlukan perawatan dan edukasi penangangannya dari petugas home care.

Pemberian layanan kesehatan Home Care di Kelurahan Sukakarya ini dilakukan oleh petugas Home care yang berada di wilayah pelayanan Puskesmas setempat. Pada kesempatan tersebut, kepala keluarga yang mendapat pelayanan Home care, Bapak Cece, mengucapkan terima kasih kepada petugas home care yang telah lima kali datang ke rumah untuk membantu merawat isterinya, sehingga kondisi kesehatannya kini semakin membaik.

Dikatakannya, kondisi isterinya yang tidak mampu berjalan dan harus dibopong, menjadi kendala untuk membawanya ke rumah sakit maupun puskesmas. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya anggota keluarga yang menunggu selama dirawat. Sehingga keberadaan petugas layanan home care sangat membantu dalam perawatan dan proses penyembuhan istrinya, karena pertugas home care mengedukasi pasien dan keluarganya tentang cara-cara merawat pasien stroke di rumah agar dapat melakukan perawatan mandiri.

Leave a Reply